Penyaluran Bantuan Benih Ikan untuk Delapan Kelompok di Bolmong, Dalam Tahap Perampungan

0
39

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Bantuan benih ikan untuk delapan kelompok penerima di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dari Dinas Perikanan Bolmong, masih dalam tahap perampungan.

Kepala Dinas Perikanan, Wahyudin Gonibala mengatakan, untuk penyaluran bantuan tersebut pihaknya masih menunggu hingga benih ikan mencapai ukuran yang ditetapkan, yakni 3 cm sampai 4 cm.

“Kalau ukuran benih terlalu kecil, dikhawatirkan malah akan diabaikan serta tidak dibudidayakan, sehingga kami menunggu hingga mencapai ukuran benih yang ideal untuk disalurkan, agar supaya nilai manfaatnya dapat,” kata Gonibala, Kamis (22/07/2020).

Ditambahkan, penyaluran bantuan benih ikan tersebut, adalah sebagai bagian dari ketahanan pangan mandiri dalam upaya mengantisipasi dampak pandemi Covid-19.

“Sudah kita siapkan, saat ini sebagian benih berukuran 3-4 cm dan tinggal menunggu sebagian yang lain berukuran sama untuk siap disalurkan,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk pengadaan benih tersebut, disiapkan oleh Balai Benih Ikan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Tateli.

“Untuk bantuan tahap satu, ada delapan kelompok penerima, masing-masing kelompok akan menerima 20 ribu benih ikan serta pakannya, jika ditotal berjumlah 160 ribu benih,” bebernya.

Dia menambahakn, waktu penyaluran bantuan dimulai satu bulan dari sekarang, menunggu seluruh benih sesuai ukuran yang dimaksud.

“Intinya kita menunggu terlebih dahulu seluruh benih berukuran pas, sekitar satu bulan dari sekarang siap disalur,” tutupnya. (Ind)