Usia 80 Tahun, dr Gunawan Komitmen Jadi Relawan Covid-19

0
52

DETOTABUAN,JAKARTA-Penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia membuat tenaga medis di Indonesia harus bekerja lebih keras.

Virus asal Wuhan, China yang belum memiliki vaksin ini juga menimbulkan ketakutan di kalangan tenaga medis. Siap tak siap, tenaga medis di Indonesia harus merawat pasien virus corona dengan infrastruktur seadanya.

Saat merawat pasien dengan penyakit menular, maka pihak dokter dan perawat harus melindungi diri sendiri agar tidak tertular penyakit yang diderita pasien.

Di tengah mewabahnya virus corona yang juga membawa ketakutan dan kepanikan, muncul satu sosok yang menjadi oasis di dunia kedokteran. Beredar sosok dokter berusia hampir 80 tahun, tetap bekerja menangani pasien.

Dokter tersebut bernama Handoko Gunawan yang bekerja di Rumah Sakit Graha Kedoya. Dalam laman rumah sakit, tertulis Gunawan adalah dokter spesialis paru, yang bertugas Senin hingga Jumat dari pukul 08.00-12.00 WIB di Poliklinik lantai 2.

Foto Gunawan menggunakan masker dan baju putih beredar di Facebook. “Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yg handle covid dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya usia sdh mendekati 80,” tulis Noviana Kusumawardhani, Selasa (17/3/2020).

Noviana mengungkapkan bahwa saat ini Gunawan terus kerja sampai jam 3 pagi karena dokter muda banyak yang takut. Status yang dituliskan oleh Noviana tentang dokter ini telah dibagikan sebanyak 3.600 kali.

“Anak anaknya sudah saranin jangan ikut terjun karea sudah tua tapi katanya kalau dia mati juga enggak apa-apa. Mestinya kita mulai berita-berita seperti ini ya daripada nebarin ketakutan terus.”

Seorang netizen lain mengomentari foto Gunawan. “Ini dokter Handoko Gunawan dari RS Graha Kedoya. Dokternya almarhum ayah aku. Beliau sangat humble sangat sabar. Mari doakan,” tulis seorang netizen.

Sebagai informasi, Handoko Gunawan merupakan dokter paru yang menamatkan pendidikan Kedokteran Umum dan Spesialis Mata di Universitas Indonesia.

Gunawan juga berpraktik di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC). Dia juga dapat memberikan bantuan layanan medis seperti biopsi paru, tes fungsi paru, bronkoskopi, pengobatan TBC, konsultasi paru dan pernapasan.

(**)