Waktu Pendaftaran Peserta Pilkades di Sejumlah Desa Diperpanjang

0
119

BOLMONG,DETOTABUAN.COM— Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 105 Desa yang tersebar di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), sudah memasuki verifikasi berkas.

Menariknya, dari sebanyak 105 Desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi di tingkat desa itu, ada tiga desa yang pendaftarnya hanya diikuti satu orang.

“Iya ada tiga desa yang calonnya hanya satu orang, masing-masing Desa Diat, Desa Tuyat dan Desa Muntoi Timur,” ujar Kepala Dinas (Kadis) PMD Bolmong, Ahmad Yani Damopolii melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Isnaidin Mamonto, Senin, (9/9).

Sijelaskan, untuk tiga desa tersebut masih ada masa perpanjangan selama 20 hari. Katanya, tidak menutup kemungkinan juga ada yang pendaftarnya hanya diikuti dua orang akan diperpanjang mengingat jika ada salah satu calon yang gugur dalam pemberkasan.  “Perpanjangannya dimulai pada tanggal 16 September sampai 20 Oktober 2019,” katanya.

Lanjutnya, Pilkades yang diikuti lebih dari lima orang akan ada tes tambahan. Yakni, tes wawancara visi dan misi, komunikasi atau pidato, dan wawancara umum. “Minimal itu dua calon, maksimal lima, jadi yang melebihi akan dibentuk tim penguji di daerah,” jelasnya.

Sekadar diketahui, hari pencoblosan Pilsang ini, akan dilaksanakan pada 14 November menadatang. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.