Yasti-Yanny Serahkan Bantuan Pangan Tahap II dan Masker Gratis di Dumoga Raya

0
34
Yasti-Yanny Bersama Ketua DPRD Bolmong Saat Menyalurkan Bantuan Bahan Pokok Tahap II di Kecamatan Dumoga Utara. (Foto: Istimewa)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM Bantuan pangan dan sembako tahap II (Dua) oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), pada masyarakat terdampak corona virus disease 2019 (Covid-19) mulai disalurkan.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk bersama Ketua DPRD Bolaang Mongondow Welty Komaling, secara simbolis turun langsung, menyerahkan bantuan tersebut di enam kecamatan yang ada di Dumoga Raya, Kamis (04/06/2020).

Tak hanya itu saja, Bupati Yasti juga menyalurkan bantuan alat pelindung diri kepada tenaga medis dan masker pada masyarakat Dumoga Raya.

Langkah cepat ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Bolmong dalam rangka penanganan dan pencegahan dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Bolmong.

Enam kecamatan di Dumoga Raya yang dimaksud yakni Dumoga Barat, Dumoga Utara, Dumoga Tengah, Dumoga Timur, Dumoga Tenggara, dan Dumoga, diikuti masyarakat perwakilan penerima bantuan, sangadi, hingga camat.

Dalam sambutannya di Kantor Kecamatan Dumoga Utara, Yasti meneriakkan yel-yel, “Orang desa sehat kuat,” disahuti masyarakat dengan kalimat, “Lawan Covid-19!”

Ia mengatakan, masker gratis yang dibagikan berjumlah 325 ribu kepada seluruh masyarakat Bolmong yang terdampak Covid-19, dari Pemkab Bolmong dibantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawasi Utara (Sulut).

“Saya menyampaikan pesan pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Salam hormat, salam sehat dan salam kuat,” kata Yasti.

Bupati Yasti berharap, di bulan Desember 2020 nanti, orang desa bisa benar-benar kuat, dan mampu mengatasi Covid-19 ini. Dia juga meminta agar masyarakat tetap pada anjuran pemerintah untuk selalu protokoler kesehatan, baik dari kenakan masker, jaga jarak, jauhi keramaian, hingga cuci tangan, dan jaga kebersihan. “Kita berdoa agar seluruh masyarakat di Bolmong dijauhkan dari virus Covid-19,” tuturnya.

Menurut Yasti, untuk Kabupaten Bolmong ada keistimewaan karena bantuan disalurkan hingga sembilan bulan ke depan, dibandingkan dengan daerah lain yang hanya tiga bulan saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bolmong I Nyoman Sukra sebelumnya mengatakan, penyaluran bantuan ini, merupakan tahapan berkelanjutan, sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka penanganan dan pencegahan dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Bolmong. “Ini penyaluran tahap dua periode bulan Mei 2020,” tuturnya.

Menurutnya, Dumoga Raya dipilih sebagai lokasi awal penyaluran karena wilayah yang dikenal sebagai lumbung beras ini paling siap. “Nominalnya sama seperti tahap pertama. Tiap penerima akan mendapatkan 36 kilogram beras premium,” imbuhnya.

Sementara itu, Dinas Sosial Bolmong juga akan mendistribusikan bantuan paket sembako, yakni minyak goreng, ikan kaleng, telur dan susu. “Penyalurannya bersamaan dengan penyaluran pangan,” kata kepala Dinas Sosial Abdul Haris Bambela. (Ind/Adve)