Wawako Amsakar Pimpin Langsung Musrenbang Kelurahan Mangsang

0
20

DETOTABUAN.COM, BATAM – Wakil Wali Kota (Wawako), Amsakar Achmad hadir membuka Musrenbang Kelurahan Mangsang Kecamatan Sungai Beduk, Selasa (17/1/2023).

Selain menghimpun usulan pembangunan dari warga, kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan prioritas-prioritas pembangunan Kota Batam.

“Kita bersyukur serapan anggaran paling banyak di Kecamatan Sungai Beduk, adalah Kelurahan Mangsang,” puji Amsakar.

Dia juga menjelaskan bahwa komitmen pembangunan skala mikro ke lingkungan warga dalam bentuk PSPK (Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan) tetap dilakukan sejak dipercaya memimpin Kota Batam. Dimulai dari satu milyar rupiah per kelurahan per tahun hingga direncanakan 3,5 milyar rupiah per kelurahan di tahun 2024.

“Tapi saya ingatkan. Membangun memang sulit tetapi menjaga lebih sulit. Untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga pembangunan ini,” ajak Amsakar.

Pada hari itu, Amsakar juga memimpin musrenbang berkenaan. Dia membahas satu per satu usulan non-PSPK Kelurahan Mangsang dan menanyakan langsung tanggapan dari perwakilan OPD yang hadir.

“Hari ini Pak Lurah santai saja. Biar saya menanggung penderitaan ini (memimpin rapat),” canda Amsakar disambut derai tawa warga yang hadir.

Selain pembangunan di lingkungan kelurahan dan perumahan, sambung Amsakar, Pemerintah Kota Batam juga menggesa pembangunan skala makro yaitu Bandara Hang Nadim, pelebaran jalan protokol, pengembangan pelabuhan Batu Ampar dan pembangunan KEK Kesehatan di Sekupang.

Sementara itu Lurah Mangsang Heryawan pula memaparkan bahwa tahun 2022 telah dilakukan pengerjaan 16 kegiatan PSPK dengan anggaran sekitar Rp 2,7 milyar. Sedangkan tahun 2023 ini akan dilakukan 20 kegiatan PSPK dengan anggaran mencapai Rp 3,4 milyar.

“Sebagian besar kegiatan berupa semenisasi jalan, batu miring dan drainase. Untuk tahun 2024 nanti kita usulkan 30 kegiatan melalui PSPK yang sebagian besar adalah semenisasi jalan dan pembangunan drainase,” ungkapnya.

Selain itu, Kelurahan Mangsang juga mengusulkan 10 kegiatan non-PSPK. Kegiatan yang diharapkan dilaksanakan oleh OPD baik Pemko dan Pemprov Kepri itu antara lain; pembangunan gedung olahraga mini, pengaspalan jalan ke pusat UMKM, drainase jalan lintas Mangsang, dan pembangunan ruang kelas baru sejumlah sekolah.

Turut hadir dalam musrenbang ini Wakil Ketua DPRD Kepri Tengku Afrizal Dachlan serta anggota DPRD Batam Werton Pangabean dan Mochamad Mustofa. Tampak pula Camat dan Lurah se-kecamatan JJ Sungai Beduk.(*)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.