Kapal Induk AS di Mata-Matai Drone Iran

0
364
DRONE IRAN SAAT MENGINTAI KAPAL AS

NASIONAL,DETOTABUAN.COM-Sebuah pesawat nirawak milik Iran terbang persis di atas kapal induk Amerika Serikat dan memotret kegiatan latihan angkatan laut negara tersebut di kawasan Teluk, sebut stasiun televisi nasional Iran.

Foto-foto aktivitas latihan itu kemudian ditayangkan dalam siaran televisi dan mendapat pujian dari kepala staf angkatan laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari.

Dia menyebut manuver drone milik Iran itu adalah pertanda keberanian, pengalaman, dan kemampuan saintifik para operator drone kami.

Stasiun televisi Irinn menyebut foto-foto tersebut diabadikan pada hari ketiga latihan, tanpa merinci lebih lanjut mengenai waktu pengambilan gambar.

Secara terpisah, Amerika Serikat membenarkan bahwa ada drone milik Iran yang terbang di atas salah satu kapal induknya baru-baru ini.

Kepada kantor berita Reuters, juru bicara angkatan laut AS, Nicole Schwegman, mengaku drone Iran tersebut melintasi kapal induk USS Harry S Truman pada 12 Januari laluhari yang sama ketika Iran menahan 10 pelaut AS lantaran memasuki perairan Iran.

Schwegman menyebut manuver drone Iran abnormal dan tidak profesional.

Angkatan Laut Iran memulai latihan awal pekan ini. Sebuah kapal selam ringan turut dilibatkan dalam latihan tersebut yang mencakup operasi pemantauan, menurut kantor berita Irna(dc)