Kaban Kesbangpol Asahan Hadiri Sosialisasi Dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara.

0
24

Detotabuan.com, Asahan.

Bupati Asahan melalui Kepala Badan Kesbangpol Asahan menghadiri sosialisasi dan diseminasi pembinaan kesadaran bela negara di aula Singapore City Hotel Kabupaten Batu Bara, Rabu (12/6) lalu.

Kepala Badan Kesbangpol Asahan, Ahmad Nizar Simatupang, ST mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk terbentuknya sikap mental dan perilaku warga negara yang memiliki kesadaran dan kesanggupan mengaktualisasikan nilai dasar bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Selain itu untuk terwujudnya Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki kesadaran dan kemampuan bela negara dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mendukung indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri dan sejahtera,” jelasnya.

Bela negara, lanjut Ahmad Nizar, tidak hanya memakai senjata, akan tetapi bisa juga mengunakan pemikiran yang cerdas disemua sektor dan semua lini dalam rangka menjaga kedaulatan, martabat, dan harga diri bangsa.

Direktorat Bela negara Ditjen Pothan Kemhan melalui Kasubdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, DR SRM Indah Permata S, S.T.,M.M menjelaskan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan nilai dasar bela Negara.

“Bela Negara tidak hanya menjadi tanggungjawab Kementerian Pertahanan RI dan TNI semata, akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh Kementerian / Lembaga termasuk Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya.

“Hal itu sesuai dengan Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang menjelaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” ucapnya.

Dirinya mengatakan kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari Perangkat Desa, para Kades, Para Camat, ASN.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabankesbangpol, Kajari Asahan diwakili Kasubbag Pembinaan, Ketua PN Asahan, Kepala BNN Asahan, dan Analis Madya Ditjen Pothan Kemhan.

(Nova)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.