Bupati Limi Lepas Peserta Karnaval Gebyar Paud 2022

0
57
Bupati Limi Mokodompit, saat membuka dan melepas pawai karnaval paud tahun 2022 tingkat kabupaten.

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI yang ke 77, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar karnaval gebyar paud tingkat kabupaten tahun 2022. Dilepas penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, dipelantaran Kantor Bupati, Senin (15/8/2022).

Diikuti oleh ratusan anak – anak paud dari 15 kecamatan di kabupaten Bolmong. Yang dibuka dan dilepas oleh Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, bersama bunda Paud Bolmong yang juga istri Bupati Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas.

Turut mendampingi Bupati Bolmong, Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta, sebagai pelaksana kegiatan.
Dalam laporan kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta menyampaikan tujuan dari kegiatan gebyar paud ini bertujuan untuk memberikan rasa kebangsaan dan kebersamaan antara sekolah Paud.

Ketua Tim penggerak PKK Bolmong Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas saat melepas pawai karnaval paud tingkat kabupaten Bolmong.

“Jumlah peserta sebanyak 263 lembaga se-kabupaten Bolmong, kegiatan karnaval ini dianggarkan melalui APBD 2022, lewat dinas pendidikan Bolmong,” katanya.
Pada kesempatan itu, Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM menyampaikan memberikan apresiasi kepada jajaran dinas pendidikan kabupaten Bolmong, atas pelaksanaan kegiatan pada hari ini.

Sebagai wahan bermain, belajar, berkreasi bagi anak – anak kita yang ada di Bolmong.
Dalam kesempatan itu juga, Limi mengucapkan terima kasih kepada para kepala sekolah, guru pengajar, dan guru pendamping serta para orang tua murid yang mengikutsertakan anak – anak dalam kegiatan gebyar paud dan pawai karnaval.

“Salah satu jenjang pendidikan yang wajib diikuti oleh setiap warga negara Indonesia yakni jenjang pendidikan anak usia dini atau paud,” kata Bupati.

Kegiatan gebyar paud dan pawai karnaval pada hari ini, kata Bupati momentum yang tepat dalam meningkatkan kreativitas anak, dalam mengembangkan intelektual, keterampilan dan budaya serta dalam membentuk karakter anak yang kokoh, tegar dan mandiri untuk menghadapi tantangan era modernisasi saat ini.
Lanjut Bupati, berdasarkan survei 90 persen fisik otak terbentuk pada usia lima tahun, di usia inilah berkembangnya karakter anak – anak.

Bupati Limi Mokodompit saat memantau anak – Anka lomba menggambar.

Ia berharap, dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas anak dalam mengembangkan intelektual, keterampilan, budaya dan Budi pekerti yang nantinya bisa mewujudkan pendidikan yang maksimal dan berkarakter.

“Saya juga berharap agar lebih banyak lagi anak – anak Indonesia khususnya anak – anak yang ada dikabupaten Bolmong, menjadi anak yang berprestasi disegala bidang ilmu pengetahuan. Dimana bukan hanya ditingkat kabupaten, atau ditingkat provinsi tapi melainkan juga tingkat nasional. Bahkan internasional yang bisa menjadi pemimpin di negara kita,” pesan Bupati.

Sebelum bupati menutup sambutan, ia mengatakan beberapa waktu yang lalu kabupaten Bolmong mendapat penghargaan kabupaten layak anak (KLA). Ini sebuah prestasi kita bersama, tetapi Menurut Bupati bukan prestasi itu yang menjadi titik berat tapi komitmen, keseriusan kita. Untuk menjadikan anak – anak kita ini dalam komponen strategis didalam pembangunan didaerah.

“Ini artinya bahwa menjadi perhatian bagi kita semua tidak hanya pemerintah, dunia usaha, swasta, pengusaha, semua stakeholder harus bertanggung jawab memajukan anak – anak kita,” ungkap Bupati.

Bila mana anak – anak kita sehat, cerdas psikologis mereka baik,” terang Bupati.
Ditambahkan Bupati, Indeks Pendidikan Manusia (IPM) kita harus dinaikkan dimulai dari anak – anak.

Salah satu anak paud Bolmong yang ingin berfoto bersama Bupati dan ketua tim penggerak PKK Bolmong.

” Tak hanya itu, stunting akan menjadi perhatian pak bupati kedepan dan ketua tim penggerak PKK kabupaten Bolmong. Saya berkali – kali sampaikan ke ibu tolong itu diperhatikan. Bahkan OPD – OPD yang terkait dan kepala – kepala desa agar menyisihkan sebagian anggaran untuk anak – anak kita,” tandas Bupati.

Usai melepas pawai karnaval paud, Bupati bersama ketua tim penggerak PKK kabupaten Bolmong Iryanti Suleha Mokodompit Uswanas, meninjau lomba menggambar di lapangan Daagon, Lolak bagi anak – anak. Yono/*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.