Bupati Limi Resmikan Minimarket Milik Bumdes Mariri Baru Poigar

0
110
Bupati Limi Mokodompit menandatangani prasasti Bumdes Mart Mangimbali desa Mariri Baru. (Foto:Yono).

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, resmikan pembukaan Minimarket Bumdes Mart Mangimbali desa Mariri Baru, kecamatan Poigar, Senin (8/8/2022).

Acara peresmian milik badan usaha desa (Bumdes) Mangimbali desa Mariri Baru tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti bangunan yang dibangun dari sumber dana desa (DD) total penyertaan modal Sebesar Rp307 juta lebih dianggarkan selama 7 tahun.

Dalam sambutan Camat Poigar Alfina Sumenda mengatakan tujuan dibangunnya Bumdes Mart ini, demi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Kemudian, keberadaan Bumdes Mart, juga dapat memberikan sumber pendapatan asli desa (PAdes) setempat.

Ia mengungkapkan, Bumdes Mart Mangimbali desa Mariri Baru, berdiri sejak 22 maret tahun 2016, yang diawali dengan penyertaan modal dari DD.

“Iya dianggarkan mulai DD tahun 2016 ditahun berjalan sampai dengan sekarang ini pada DD tahun 2022. Total anggarannya Rp307.992.111,” ungkap Alfina.

Selain itu, pada tahun 2022 ini juga Bumdes Mart Mangimbali, membuka usaha baru yakni pengembangan pariwisata pantai desa Mariri Baru dan Bumdes Mart.

Ini tentu kata dia, dalam rangka sinkronisasi antara pelaku usaha kecil menengah (UKM), dengan pemerintah desa Mariri Baru, dalam hal ini Bumdes Mangimbali.

Bupati Limi Mokodompit saat gunting pita bangunan Bumdes Mart Mangimbali desa Mariri Baru.

“Ini tentu tujuannya mempermudah pelaku UKM dalam membeli dagangan dengan harga terjangkau,” ujar Alfina.
Ini juga, tidak menggangu pelaku UKM karena Bumdes Mart Mangimbali, tidak menjual bahan – bahan secara enceran tetapi bahan harga grosir.

Lewat sambutannya, Limi mengapresiasi atas gebrakan dari pemerintah desa (pemdes) dalam membangun kemandirian melalui Bumdes dengan mendirikan minimarket.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa adalah bagian dari penerimaan pendapatan asli desa. Kedepan ketergantungan terhadap dana transfer dari pusat maupun daerah akan semakin berkurang.

“Saya salut pemerintah desa Mariri Baru karena sejak saya bertugas sebagai Bupati Bolmong, sudah dua kali berkunjung di desa ini ada inovasi terbaru yang dilakukan oleh pihak desa,” kata Bupati.

Ia pun berharap, kepada pemerintah desa dan pengurus Bumdes Mart Mangimbali ini agar dapat mengelola keuangannya dengan baik.

“Semoga usaha ini akan semakin sehat dan maju. Jika sehat pengelolaan keuangannya maka saya yakin usaha minimarket ini akan maju,” pesan Bupati.

Bupati Limi Mokodompit bersama pengurus Bumdes Mart Mangimbali desa Mariri Baru

Diketahui, Pada kesempatan tersebut Bupati turut di dampingi oleh Asisten 1 Pemkab Bolmong Deker Rompas, Staf ahli gubernur Sulawesi Utara Firasat Mokodompit, Husen Tuahanus serta beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah lingkup Pemkab Bolmong.

Turut hadir juga pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Bolmong Teti Kadi Mamonto, Camat Poigar Alvina Sumenda, unsur TNI Polri, tokoh adat, tokoh Masyarakat kecamatan Poigar. (Yono/*).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.