Bupati Yasti Lantik 42 Pejabat Struktural Dilingkungan Pemkab Bolmong

0
490
Nampak, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyaksikan penandatanganan serah terima jabatan. (Foto:Hariyono Tungkagi).

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, melantik dan mengambil sumpah sebanyak 42 Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong. Pelantikan ini sesuai dengan keputusan bupati Bolmong nomor: 821.2/B.03/BKPP/SK/05/2022 tanggal 12 Mei 2022.  Digelar di pelantaran Kantor Bupati, Kamis, (12/5/2022).

Turut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Asisten II Zainuddin Paputungan, dan Pimpinan organisasi perangkat daerah.

Dalam sambutan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, menyampaikan ucapan selamat bertugas dan berkarya kepada pejabat struktural dilingkungan Pemkab Bolmong, barusan saja dilantik. Bupati berharap, kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dipundak para pejabat yang barusan dilantik dapat dijalankan dengan penuh perhatian Komitmen, integritas, loyalitas serta tanggung jawab yang tinggi.

“Ini perlu diperhatikan sebab berulang kali saya sampaikan bahwa konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada bangsa dan negara, daerah, masyarakat semata. Akan tetapi lebih dari itu dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT Tuhan yang maha esa,” kata Bupati, dalam sambutannya.

Bupati pun mengingatkan, kepada pejabat yang dilantik  pada hari ini, bukan hanya sebagai formalitas pendistribusian jabatan ataupun pengisian jabatan yang lowong. Serta bukan sekedar menempatkan figur – figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu, melainkan sebagai saranan penguatan, pengembangan karier dan pemberdayaan potensi diri serta pembenahan, penyegaran dan pemantapan roda organisasi pemerintahan.

Pejabat Bolmong yang dilantik dan diambil sumpah

“Selain itu, sebagai bahan evaluasi dari kinerja ibu bapak sekalian selama menduduki jabatan yang diemban. Ini dalam rangka peningkatan kompetensi kearah tercapainya sumberdaya aparatur yang andal dan profesional guna pencapaian visi dan misi pembangunan daerah saat ini,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan beberapa pesan pada pejabat yang dilantik. Pertama, Ia meminta setelah pelantikan ini pejabat yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan jabatan baru, tanpa melepas jabatan sebelumnya. Karena masih banyak tugas yang harus diselesaikan pada jabatan sebelumnya.

Bupati juga meminta kepada pejabat yang dilantik untuk segera melaksanakan serah terima aset dimasing – masing perangkat daerah selambat – lambatnya hari Jumat, 13 Mei 2022, besok.

“Peliharalah aset tersebut agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama,” harap Bupati.

Ia mengatakan, pejabat struktural yang dilantik pada hari ini, merupakan hasil penilaian dan hasil evaluasi atas kinerja pada jabatan sebelumnya. Termasuk kesiapan sumberdaya pejabat sendiri.

“Sehingga itu saya  meminta kepada pejabat yang baru dilantik, untuk dapat menunjukkan kualitas kinerjanya. Karena saya yakin Pejabat yang dilantik hari ini mempunyai potensi dan kompetensi yang andal,” ungkap Bupati.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, saat melantik dan mengambil sumpah pejabat struktural Pemkab Bolmong.

Bupati pun menjelaskan, untuk pengisian pada jabatan fungsional yang lowong belum dapat diisi secara otomatis karena ini diatur dalam peraturan menteri  pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 26 tahun 2016 tentang pengangkatan pegawai negeri sipil dalam jabatan fungsional melalui penyesuaian. Dimana dalam peraturan Menteri tersebut mengatur mekanisme dan tata cara serta syarat bagi PNS untuk disesuaikan kedalam jabatan fungsional.

Bupati pun kesempatan itu, menekankan agar pejabat yang dilantik ini untuk tidak bersikap otoriter, apalagi memotong dan mengambil hak dari bawahan.

“Jadi laporkan kepada atasan lebih tinggi apabila ada pejabat yang suka memotong dan mengambil hak bawahan. Berikan hak bawahan sesuai haknya masing – masing,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, ia berharap kepada keluarga pejabat agar dapat memberikan dukungan dan motivasi, sehingga tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan dapat dilaksanakan dengan sungguh – sungguh dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Pada pejabat yang lama terima kasih atas dedikasinya moga apa yang diberikan kepada daerah dan masyarakat menjadi amal ibadah bapak ibu,” tutupnya dalam sambutan. (Yono/*).

Ini para pejabat struktural dilingkungan Pemkab Bolmong yang dilantik Bupati:

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.