Hasil Evaluasi SPBE 2022, Pemerintah Bolmong Kategori Baik se-sulut

0
87
Ir Limi Mokodompit MM

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dibawah pimpinan penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, mendapat prestasi yang baik. Prestasi tersebut yakni hasil evaluasi dari kementerian dalam negeri (Kemendagri) sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) menempatkan pemerintah Bolmong sebagai terbaik se-Sulawesi Utara (se-Sulut).


Keberhasilan itu diumumkan melalui surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 108 tahun 2023 tentang hasil pemantauan dan evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik pada intansi pusat dan pemerintah daerah tahun 2022.

Pemerintah Bolmong mendapatkan predikat baik dengan nilai indeks 2,74 se-Sulut.
Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, saat dihubungi media ini menyambut gembira hasil baik yang didapat Pemerintah Kabupaten Bolmong ini.

Menurut Bupati, pencapaian yang didapat ini atas hasil kerjasama semua pihak termasuk media yang patut diapresiasi.
“Saya tentu sangat berbangga sebab ditahun sebelumnya kita kategori dibawah, sejak ada dorongan dan motivasi serta kerjasama semua pihak nilainya cukup membanggakan bagi kita semua,” kata Bupati.


Ia mengatakan dalam evaluasi ini merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di instansi pemerintah untuk menghasilkan suatu nilai indeks yang menggambarkan tingkat kematangan dari pelaksanaan SPBE di instansi pemerintah.

Bupati pun mengungkapkan ada beberapa unsur penting dalam penerapan SPBE tersebut, yaitu penyelenggaraan pemerintahan merupakan unsur tata kelola dari birokrasinya, kehandalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Kemudian, yang terakhir adalah kemudahan layanan pemerintah yang diberikan kepada pengguna, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Bupati menambahkan, Penilaian pada pelaksanaan SPBE dilakukan melalui struktur penilaian yang terdiri dari kebijakan internal, tata Kelola, kelembagaan, strategi dan perencanaan, TIK, layanan administrasi pemerintahan serta layanan publik berbasis elektronik.
“Alhamdulillah sejak saya menjabat Bupati Bolmong, layanan publik yang berbasis elektronik ini terus saya dorong. Bahkan media pun cukup andil dalam memberitakan layanan tersebut,” ungkap Bupati.

Selain itu kata Bupati, Pemerintahan yang berbasis elektronik sudah menjadi kebutuhan karena untuk pengelolaan pemerintahan yang berbasis data elektronik. Dimana akan mampu menyiapkan dua data  informasi, yakni yang valid dan akurat.

Dengan itu, tentu akan berimbas pada pengambilan kebijakan dan intervensi pemerintah dalam pembangunan yang cepat, tepat sasaran dan akuntabel.

“Untuk itu, kedepan prestasi yang kita dapat ini akan terus tetap dipertahankan,” harap Bupati.¬† (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.