Rolling 37 Jabatan Eselon II Bakal Digelar Akhir Tahun Ini, Eselon III dan IV September

0
174
Umarudin Amba

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Umaruddin Amba mengatakan, September akan dilakukan lelang 2 jabatan dan rolling untuk eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Bolmong.

Dia menjelaskan, terkait dengan pelaksanaan rolling jabatan, Penjabat Bupati dan Bupati definitif, memiliki kewenangan yang sama berdasarkan aturan perundang-undangan.

Dikatakan, sebelum pelaksanaan rolling, BKPP Bolmong telah menyurat ke Provinsi, Komisi Aparatur Sipil Negara dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas nama Pj Bupati.

“Rekomendasi Provinsi dan KASN sudah ada sejak Juli 2022. Saat ini kita tinggal rekom kemendagri yang ditunggu. Mudah-mudahan turun Agustus ini,” kata Umaruddin Amba, Senin (15/8/2022).

Dia menjelaskan, surat rekomendasi di Kemendagri sudah diusulkan dua pekan lalu dan 2 nama jabatan yang lowong yang akan di lelang telah disampaikan.

Terkait dengan Job Fit, Umarudin Amba menegaskan, akan dilihat kesesuaian jabatan sesuai dengan disiplin ilmu.

“Sekarang ini tahap evaluasi sedang berlaku, apa cocok pada jabatan itu atau perlu digeser pada jabatan yang lain,” jelasnya.

Menurutnya, menyangkut pengisian jabatan yang lowong saat ini, tidak lagi melihat berapa lama bupati menjabat, tapi semua bisa dilaksanakan setelah mendapat rekomendasi Gubernur, Kemendagri dan KASN.

Kepala BKPP mengatakan, dua jabatan yang akan dilelang dalam waktu dekat adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Sedangkan jabatan Dinas Sosial dijalan oleh pelaksana tugas.

Untuk Job Fit 37 kursi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dilaksanakan akhir tahun karena dananya di tata pada APBD Perubahan.

“Desember job fit semua OPD. Setelah job fit, mana yang tidak terisi itu yang di lelang. Dana untuk pelaksanaan job fit akhir tahun sudah siap,” tegasnya.

Terkait dengan pembentukan Panitia Seleksi (Pansel), juga tidak ada kendala.

“Kalau sudah ada rekom kemendagri kita langsung bentuk panitia seleksi lelang jabatan. Disitu nantinya ketua adalah sekda, dengan melibatkan akademisi, BKD Provinsi, BKN dan BPKP,” bebernya.

Seperti diketahui, kursi Kepala Dinas di Bolmong sebanyak 26, Kepala Badan 5 kursi, Staf Ahli terdiri dari 3 orang dan jabatan Asisten juga sebanyak 3 orang.

“Bulan Oktober kita akan mengajukan rekomendasi kembali untuk job fit 37 kursi OPD yang pelaksanaanya pada Desember 2022,” tutupnya. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.