Sumarni Bonde Diberi Penghargaan Sebagai Wanita Berprestasi di Sulut

0
203
Sumarni Bonde saat menerima penghargaan perempuan berprestasi dari lembaga IHRDP.

BOLMONG, DETOTABUAN.COM – Keberhasilan dalam mendatangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) lewat pusat sebesar Rp 10 Miliar di Bolmong, membuat Sumarni Bonde Kepala Dinas Perpustakaan Pemkab Bolmong menerima penghargaan perempuan atau wanita berprestasi di bidangnya di Sulawesi Utara (Sulut). Dan pada khususnya di kabupaten Bolmong. Penghargaan itu, diberikan oleh lembaga International Human Resources Development Program (IHRDP), Sabtu (20/8/2022) di hotel Aston Manado.
“Alhamdulillah saya sangat bersyukur, senang, bangga atas penghargaan yang diberikan oleh IHRDP,” kata Bonde.

Ia mengatakan, penghargaan yang didapat ini atas kekompakan dan kesolidan serta kerja keras tim Dinas Perpustakaan Bolmong.

“Penghargaan ini tentang Wanita berprestasi dalam bidangnya. Untuk saya tentu dibidang Perpustakaan telah menjalankan amanat UUD 1945 mencerdaskan kehidupan bangsa, cerdas bukan hanya di segi ilmu pengetahuan umum tapi menggali potensi kemampuan, bakat, hobi masyarakat yang di sebut dengan Literasi,” terang Bonde.

Ia juga mampu memperjuangkan dan mendatangkan Dana DAK TIK tahun 2022, dan tahun 2023 akan masuk lagi anggaran DAK untuk pembangunan gedung perpustakaan daerah.

Lanjut dia, ia mampu bekerja sama dengan masyarakat dalam membentuk
Insan yang berilmu dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa .

“Untuk agama Islam saya membentuk taman pengajian Majelis Ta’lim para bapak – bapak dan Mejelis Ta’lim ibu – ibu. Saat ini sudah ada yang terbentuk di desa Toraut, kecamatan Dumoga Barat sudah berjalan,” imbuh Bonde.

Ia menambahkan, penghargaan yang diterima ini akan menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi dan selalu berupaya menjadi yang lebih baik.

“Jadi penghargaan ini sesuai dengan bidang dan tugas yang diemban,” tandas Bonde.

Sementara itu, General Chairman IHRDP Gene Vinsent SBBA MBA mengatakan untuk menetapkan dan menentukan sebagai penerima penghargaan di bidangnya oleh IHRDP menetapkan kriteria dan penilaian diantaranya kriteria pertama dapat menjadikan contoh dan teladan baik dilingkungan yang dipimpinnya dalam keluarga dan masyarakat. Kriteria kedua, mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas sumberdaya manusia, kriteria ketiga berprestasi yang berdampak nasional, kriteria keempat Mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia serta memperkuat jatidiri dan kepribadian dengan berwawasan dan makna pada pembangunan disegala dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kriteria yang kelima, figur yang menjadi inspirasi dan motivasi khususnya pada generasi muda. Kriteria yang keenam figur yang kreatif dan inovatif, dan kriteria yang ketujuh takwa kepada Tuhan yang maha esa.

Ia menjelaskan, IHRD adalah mitra pemerintah dimana lembaga pemberi penghargaan, lembaga pemantau, penelitian dan pengembangan sumberdaya manusia.
Selain itu, IHRD lembaga non politik dan non profit.

“Lembaga ini oleh Pemerintah Indonesia melalui kementerian hukum dan HAM telah mendapat pengesahan sebagai lembaga pemberi pengesahan yang sah dan resmi ditingkat international, regional dan nasional,” terang Gene.

Untuk itu, kata Gene atas nama lembaga IHRD mengucapkan selamat atas diterimanya penghargaan yang ia berikan. ini.

Selain suatu kebanggaan bagi keluarga, juga kebanggaan lingkungan yang dipimpin dan kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Utara pada khususnya. Ini akan memacu semangat, motivasi dan inspirasi khususnya bagi generasi muda kita.

“Tapi yang terpenting dalam rangka mendorong potensi sumber daya manusia, berkualitas, maju dan mandiri,” tutup Gene. (Yono).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.