Serapan Anggaran Pemkab Boltim Capai 78,98 Persen

0
372
DETOTABUAN.COM, BOLTIM – Memasuki penghujung tahun 2016, realisasi serapan anggaran DI Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mencapai 78,98 persen atau Rp514 dari pagu anggaran sebesar Rp651 miliar.
Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemkab Boltim, Oscar Manoppo SE MM, Rabu (07/12/2016), menuturkan, posisi serapan anggaran terus meningkat. “Hari ini posisi serapan anggaran sudah 78,98 persen dari total anggaran,” tuturnya.
Ia mengaku, capaian serapan anggaran kali ini berbeda dengan capaian tahun sebelumnya saat memasuki akhir tahun.
“Tahun lalu capaian kita diatas 80 hingga lebih saat memasuki akhir tahun, namun kini terkendala Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp46,6 miliar yang saat ini belum masuk,” terangnya.
Lanjut Menurutnya, jika DAK sudah ditransfer pemerintah pusat, tidak menunggu lama langsung dicairkan oleh pihak pelaksana proyek.
“Pekerjaan proyek sudah melebihi 50 hingga 60 persen dan kini masih menunggu dana dicairkan pemerintah pusat. Jika sudah ditranfer tentu proses pencairan langsung dilakukan oleh pelaksana proyek, dengan begitu serapan anggaran meningkat hingga 80-an persen,” urainya.
Selain itu, Ia menambahkan, terkait batas pemasukan dokumen pencairan sudah ditentukan yakni pada 15 Desember mendatang.
“Pemasukan dokumen tanggal 15 dan kita proses pencairan hingga 30 Desember nanti, kita maksimalkan pelayanan hingga semua dokumen pencairan yang masuk terproses,” tuturnya. (Fery)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.