Mendes PDTT Resmikan Proyek Dandes di Kotamobagu

0
196

ADVERTORIAL – Menteri Desa dan Pembangunan Daerat Tertinggal Transmigrasi (MenDes-PDTT), Eko Putri Sandjojo, meresmikan Empat proyek yang didanai oleh Dana Desa (Dandes) di Kota Kotamobagu  yang dipusatkan di Desa Bilalang Satu kecamatan Kotamobagu Utara, Kamis (12/04/2018).

 

Empat proyek yang diresmikan itu yakni jalan paving blok di Desa Pontodon Timur Kecamatan Kotamobagu Utara, proyek Bangunan Bumdes Desa Poyowa Besar Satu Kecamatan Kotamobagu Selatan, proyek Gedung Posyandu di Desa Tabang Kecamatan Kotamobagu Selatan dan Saluran Air Drainase Desa Pontodon Kecamatan Kotamobagu Utara.

 

Pjs Walikota Muhammad Rudi Mokoginta dalam sambutannya mengatakan, Kota Kotamobagu sendiri sudah berstatus Kota tapi masih memiliki 15 desa. Pemberian kucuran dana desa merupakan wujud pemenuhan hak desa dalam rangka penyelenggaraan otonomi desa. Penggunaan dana desa 30% untuk mendukung penyelanggaraan pemerintahan desa dan penguatan peran kelembagaan masyarakat desa, sedangkan 70% untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat desa.

“Proses penyaluran, pencairan dan penggunaan dana telah sesuai dengan dokumen perencanaan dan prosedur pelaksanaan,” ucap wali kota.

 

Terpisah Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan, Dana Desa merupakan program Presiden Joko Widodo. Dimana kata Eko, program ini merupakan kebangkitan perekonomian disetiap desa. “Desa saat ini sudah megelolah uang miliaran rupiah. Perekonomian desa mulai bangkit dari desa,” kata Eko.

Usai meresmian papan proyek, dilanjutkan dengan peninjauan lokasi program padat karya cash yang ada di Desa Bilalang Satu, Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPD  RI Oesman Sapta Odang, jajaran pejabat Pemkot dan masyarakat Kota Kotamobagu (ADV/Tio)