Pemkab Pacu Pencairan Dana Desa

0
177

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten Bolmong melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) masih terus memproses pencairan Dana Desa (Dandes), hingga hari Jumat (8/6/18) besok.

“Proses pencairan saat ini terus dipacu, seluruh desa sementara mengurus pencairan tahap I. Ada juga Desa yang sudah dalam permintaan pencairan tahap dua yang di upayakan dicairkan bersamaan sampai hari Jumat,” kata Damopolii, Kamis (7/6/18).

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes Dian Novita Thalib mengatakan, proses pencairan Dandes untuk tahap satu sudah sebanyak 158 desa yang telah menerima.

“Untuk tahap satu tinggal 42 desa yang akan di upayakan pencairan sampai Jumat pekan ini. Demikian juga dengan pencairan tahap dua sudah ada 12 Desa yang mengajukan sebesar 40 persen,” ujarnya.

Dijelaskan, terkait dengan kendala masih banyaknya desa yang terlambat mencairkan dandes kata dia, diakibatkan mulai pengaktifannya proses Siskeudes.

“Masih banyak desa yang kurang paham penggunaan Siskeudes, ini yang membuat proses pelaporan menjadi lama sehingga terganggu dalam proses penyelesaiaan administrasi,” ungkap Thalib.

Senda disampaikan, Kepala Badan Keuangan (BKD) Bolmong Fico Mokodompit, pihaknya hingga kini terus melayani berbagai pengajuan berkas pencairan. Bahkan kata Fico, BKD tetap melayani pencairan sampai Hari Sabtu nanti.

“Ya, sampai sabtu kita layani pengajuan berkas. Baik Gaji, Dandes maupun pekerjaan proyek. Sedangkan untuk proses pencairan dandes tahap dua juga sudah bisa direalisasikan, asalkan seluruh persyaratan mulai dari SPJ dan lainnya sudah lengkap maka langsung dilayani,” tuturnya. (*)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.