Yasti : Jangan Coba-coba Bangun Tugu Perbatasan di Wilayah Pemda Bolmong !

0
377

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, mengeluarkan peringatan keras kepada Pemkab Bolsel terkait pembangunan tapal batas Bolsel-Bolmong yang terletak di puncak tonggara, Kecamatan Lolayan.

Bupati menegaskan, apabila Pemkab Bolsel tetap bersikeras melanjutkan pembangunan tugu tersebut, maka pemkab bolmong tak segan-segan merobohkan, karena statusnya masih sedang berproses di Mahkamah Agung.

“Jangan coba-coba membangun tugu perbatasan di wilayah Pemda Bolaang Mongondow karena akan ada pertumpahan darah” tegas Bupati, melalui press release yang dikirimkan, Minggu (29/7) malam ini.

“Semua Tugu Tapal Batas antara Pemda Bolsel dan Pemda BolMong akan ditinjau dan dirobohkan karena statusnya masih dalam Judicial Review di Mahkamah Agung” terang Bupati.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar mempertahankan setiap jengkal tanah yang berada di wilayah bolmong.

“Pertahankan setiap jengkal tanah Bolaang Mongondow dengan cara apapun baik otak maupun otot dari para pencuri,” pungkasnya.

Sementara itu, juru bicara Pemkab Bolsel Ahmadi Modeong mengatakan, Judicial review itu hak setiap warga Negara yang merasa tidak puas atas keputusan pemerintah pusat atau suatu produk hukum peraturan yang diterbitkan. Namun tidak bisa menghambat pembangunan tapal batas yang akan dibangun.

“Karena dasar kita jelas Permendagri tentang penetapan batas daerah Bolmong Bolsel. Makanya dengan penetapan tapal batas itu justru Pemkab Bolsel dalam hal ini sangat menghormati hukum dan peraturan yang berlaku. Secara yuridis formal yang berlaku hari ini adalah, Permendagri tentang tapal batas berdasarkan turunan dari undang undang pemekaran Bolselm,” kata Ahmadi menjelaskan.

Sehingga menurutnya, keliru kalau ada yang menilai Bolsel membangun tapal batas sepihak atau berspekulasi tidak hormati yudisial rivew.

“Sebagai pemerintah daerah, Bolsel menghargai apa sikap yang diambil Pemda Bolmong tentang yudisial review. Tapi juga harus menghormati Pemda Bolsel yang akang menjalankan aturan yang berlaku,” tandasnya.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.