Indonesia Dilanda Suhu Dingin dan Embun Es, Ternyata Ini Penyebabnya

0
4649

HAMPIR seluruh wilayah Indonesia saat ini sedang dilanda cuaca dingin baik pagi maupun malam hari tak terkecuali di wilayah Sulawesi Utara. Hal ini membuat sebagian masyarakat banyak yang penasaran, sebenarnya apa yang terjadi?

Banyak spekulasi bermunculan dari mulai disebabkan fenomena Aphelion atau fenomena bumi saat sedang berada dalam posisi jarak terjauh dengan matahari itu, tidak benar.

Menurut Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, peristiwa cuaca dingin yang melanda Indonesia dikarenakan beberapa hal diantaranya karena tidak adanya awan di atmosfer, efek dari peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Pernyataan BMKG sebelumnya.

Selain itu kata dia, angin dari Australia yang dingin dan kering, terbang ke Asia melalui Indonesia, sehingga itu juga yang menjadi penyebab cuaca dingin melanda di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Jadi cuaca dingin saat ini, lebih dominan karena tidak adanya awan di atmosfer kemudian angin dari Australia yang dingin dan kering ke Asia melalui Indonesia, jadi bukan karena fenomena Aphelion,” tulis Sutopo.

(Trs)