Kopi Rindjing Kotamobagu Tembus Makassar, Ternate Hingga Pulau Jawa

0
45

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM–Kotamobagu dikenal luas sebagai Industri Pengolahan Kopi di Sulawesi Utara.
berbagai jenis Kopi seperti Dinodok,
Mojago hingga Kopi Mopira sudah merambah pasar luar daerah.

Namun mungkin belum banyak yang tau selain 3 jenis Kopi ini, ternyata Kotamobagu masih memiliki olahan Kopi yang tak kalah baiknya dengan ketiga jenis ini, Kopi Rindjing namanya.

Menurut Pemilik Industri Pengola Kopi Ini,
Muhamad Agus Salim, produknya ini sudah banyak dipesan pelanggan tak hanya di wilayah bolmong raya namun sudah menembus Kota Manado, Makasar, Palu Ternate hingga jawa.

“Bahkan Rumah Makan sekelas Tepi Laut Manado sudah jadi pelanggan tetap saya,” ujar Eka sapaan akrabnya saat ditemui awak media di tempat usahanya di Desa Moyag Kec Kotamobagu Timur Jumat (30/11).

Eka mengaku usaha Kopi ini sudah ada sejak 4 tahun yang lalu, tapi sampai saat
pemasarannya masih sebatas pada pelanggan saja, karena masih terkendala dengan kemasan produk.

“Kendalanya kemasan sehingga mungkin belum banyak dikenal orang, namun untuk cita rasanya,menurut pelanggan tak kalah dengan kopi lain yang ada di Kotamobagu,” ungkapnya

“Saya sudah ajukan bantuan untuk kemasan, Ya mudah-mudahan pemerintah bisa membantu, agar usaha saya ini lebih dikenal luas,” sambungnya berharap.

Ia mengatakan dalam sebulan Ia memproduksi sampai 50 kilo gram dengan penghasilan hingga 5 juta rupiah. “Untuk harganya saya jual 70 perkilo,” ucapnya

Kepala Bidang Perindustrian Kotamobagu Fadlun Paputungan mengatakan karena keterbatasan anggaran sehingga tahun ini bantuan berupa Kemasan belum dapat terpenuhi.

“Tapi Insha Allah tahun 2019 mendatang, Pemkot akan menyiapkan Rumah Kemasan, untuk membantu pelaku IKM yang belum memiliki Kemasan untuk Prodaknya,” Kata Fadlun

(Ridel)