SJB dan Kominfo Sukses Gelar In House Training Journalism

0
210

ADVERTORIAL

 Komunitas Pewarta yang tergabung dalam Sahabat Jurnalis Bolmong (SJB) sukses menggelar pelatihan jurnalistik berkonsep In house Training yang digelar di Cafe Dindaziah, Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Sabtu (27/4) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri puluhan wartawan se Bolmong Raya dan beberapa perwakilan ASN dari Diskominfo Bolmong.

Untuk pemateri, SJB menghadirkan dua wartawan senior diantaranya Budi Nurgianto, wartawan kompas dan Ronny Adolof Buol, eks wartawan Kompas yang saat ini merupakan pemimpin redaksi di media online Zonautara.com.

Ronny Adolof Buol, eks wartawan Kompas saat memberikan materi.

Dalam pemaparannya, pemateri pertama Budi Nurgianto lebih menekankan ke persoalan teknis penulisan berita panjang.

“Pentingnya menyusun sebuah proyeksi, sebelum wartawan melakukan investigasi di lapangan,” kata dia.

Dia juga membahas tentang ide liputan, hingga mencari sudut pemberitaan yang baik dalam penyajian.

Sementara pemateri kedua Ronny Adolof Buol, lebih memperkenalkan soal penggunaan teknologi, dalam menunjang proses pembuatan berita di era digitalisasi seperti sekarang ini.

“Kemajuan teknologi saat ini harus dibarengi dengan peningkatan kemampuan agar kita tidak tertinggal,” ujarnya.

Puluhan wartawan se BMR saat mengikuti In House Training

Ia juga memperkenalkan penggunaan berbagai tools, yang dapat mempermudah kinerja wartawan dalam mengungkap data data untuk kepentingan pemberitaan.

Para peserta, memberikan apresiasi kepada SJB dan Kominfo Bolmong, yang sukses menggelar kegiatan seperti ini.

“Ini merupakan langkah maju buat SJB, karena telah berhasil menggelar kegiatan positif seperti ini, dari pelatihan ini, kami menyadari masih banyak yang perlu kami pelajari untuk menjadi seorang pewarta yang profesional,” ujar sejumlah wartawan, usai mengikuti kegiatan.

Kadis Kominfo Parman Ginano saat memberikan sambutan dan arahan.

Ketua Panitia Marshal Datundugon mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama kawan kawan SJB dan Diskominfo Bolmong, yang telah memberikan kontribusi penuh hingga terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga seluruh materi yang kita dapatkan hari ini, dapat berguna bagi kita semua dalam menjalankan tugas Jurnalistik yang profesional, dan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Diskominfo Bolmong Parman Ginano,pada sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan kegitan SJB, Pemkab Bolmong melalui Diskominfo hanya sebagai pensuport kegiatan.

“Tak ada kata berhenti untuk terus belajar, saya sangat yakin seluruh peserta yang mengikuti In House Training ini sudah sangat paham dan piawai dalam melakukan tugas jurnalistik, karena itu merupakan tugas yang dilaksanakan sehari-hari. Kegitan ini merupakan kegiatan SJB, dan Diskominfo mendukung secara penuh,” ujar Parman.

Komunitas wartawan yang tergabung dalam komunitas SJB foto bersama usai kegiatan.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan tentang ilmu jurlistik bagi para peserta yang mengikuti kegiatan ini, apalagi materi tersebut diberikan langsung oleh dua senior yang sudah malang melintang di beberapa media besar di Indonesia.

“Semoga materi yang diberikan oleh para senior kita ini dapat berguna bagi para sahabat insan Pers sekalian, terlebih khusus pada teman teman yang tergabung dalam komunitas Sahabat Jurnalis Bolmong,” pungkas Parman.

(Adve/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.