Pemkab Bolsel Peringati HUT ke XI Kabupaten

0
240
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPt saat memimpin Upacara Peringatan HUT Bolsel ke XI

Advertorial

Pemerintah Kabupaten Bolsel Senin (22/7/2019) tadi, menggelar Upacara dalam rangka perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke XI Kabupaten yang dilaksanakan di Alun-alun Lapangan Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki.

Upacara yang dipimpin Bupati Bolsel Iskandar Kamaru SPt, diawali dengan pembacaan uraian singkat sejarah terbentuknya kabupaten Bolsel oleh Ketua DPRD Abdi Van Gobel, SE.

Bupati, dalam sambutannya mengajak seluruh komponen masyarakat dan penyelenggara pemerintah untuk mengucapkan “Alhamdulilah” karena hari ini tepat 11 tahun kabupaten ini berdiri, sebagai daerah otonom.

“Dengan kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat, Insha Allah berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun kabupaten Bolsel, dapat kita atasi bersama,” ujarnya.

 

Meski demikian, perlu disadari bahwa pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Bolsel merupakan hasil dari proses pembangunan yang berkesinambungan dan proses integrasi peran antara pemerintah dan masyarakat.

“Karena itu, saya atas nama pemerintah, mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran pemerintah, anggota legislatif serta seluruh masyarakat Bolsel, yang telah bekerja keras untuk kemajuan daerah yang kita cinta ini, sehingga dapat berdiri sejajar dengan daerah-daerah lain, yang ada di Provinsi Sulut,” ujarnya lagi.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, SPt saat memimpin Upacara Peringatan HUT Bolsel ke XI

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejuang pemekaran terutama kepada Hi, Herson Mayulu, SIP yang juga mantan Bupati Bolsel 2010-2018, atas perjuangan dan pengabdiannya membangun Bolsel.

“Semoga amal dan pengabdian tersebut, senantiasa bernilai ibadah disisi Allah SWT,” tutupnya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati dan Wabup Deddi Abdul Hamid, menyerahkan secara simbolis bantuan Beasiswa kepada Siswa-Siswi berprestasi, Bantuan kepada para Petani dan Nelayan, serta penyerahan 400 lebih sertifikat Gratis kepada masyarakat, sebagai salah satu program pemerintah yang dianggarkan lewat dana APBD Bolsel.

Pemkab Bolsel juga menerima bantuan CSR dari Bank Sulutgo berupa 9 Unit Kontainer sampah, sekaligus penyerahan lembar saham dan melaunching aplikasi Simpek dan aplikasi Hadir dari BKPSDM.

Peringatan HUT ke-XI kabupaten, kemudian dilanjutkan dengan sidang Paripurna Istimewa yang dilaksanakan di Gedung DPRD Bolsel.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diwakili oleh Asisten II Pemprov Sulut Hi. Muh. Rudi Mokoginta, Mantan Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu, Sip, Bupati/Walikota Se-Sulutgo, Ketua dan Anggota DPRD Bolsel, unsur Forkopimda, Sekda Bolsel Marzanziuz A Ohy, SSTP bersama jajaran, ASN, para Tokoh Pemekaran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta Tokoh Agama.

Berikut sejumlah Capaian dan penghargaan yang berhasil diraih Pemkab Bolsel, di usia ke-XI :

  • Di bidang Pengelolaan Keuangan Daerah, Bolsel mampu memperoleh Opini WTP dari BPK RI dalam 5 Tahun terakhir (2015-2018).
  • Penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI atas upaya membina dan mengembangkan Kabupaten Bolsel menjadi kabupaten yang peduli atas Hak Asasi Manusia pada Tahun 2015 dan 2017
  • Penghargaan dari Gubernur Sulut atas Kepatuhan dalam Implementasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi aparat Desa Tahun 2019.
  • Penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai pemerintah daerah terbaik 3 penyetoran iuran wajib triwulan II Tahun 2019 wilayah kantor cabang Tondano Tahun 2019
  • Penghargaan Manggal karya Kencana dari BKKBN atas Komitemen Kepemimpinan dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera tahun 2019
  • Penghargaan terbaik Satu (1) Atas penyaluran DAK dan Dana Desa se Provinsi Sulut
  • Peringkat Satu Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) se-Provinsi Sulut
  • Dalam rangka Progres Tindaklanjut Rencana Aksi Pencegahan Anti Korupsi Tingkat Nasional yang dilakukan oleh Kopsurgah Kabupaten Bolsel berada pada peringkat teratas.
  • Penghargaan Kepala Daerah Inovatif tahun 2018
  • Penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) Award atas pemenuhan 95 persen masyarakat dalam program JKN-KIS yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI
  • Penghargaan dari Kementerian Kesehatan terkait capaian Imunisasi MR (Measles Rubela) mencapai 95 persen
  • Capaian pembangunan di Bidang pendidikan dengan tersedianya sarana olahraga dan taman, angka melek huruf mencapai 98 persen
  • Bolsel juga merupakan daerah yang paling aktif dalam program pengentasan kemiskinan sesuai dengan visi Gubernur dan Wakil Gubernur (ODSK – Aperasi Daerah Selesaikan Kemisikinan) yakni dengan dibangunnya RTLH bagi Lansia dan Fakir Miskin sejak tahun 2016 s/d tahun 2019 sejumlah 435 Unit, yang dianggarkan melalui APBD di Dinas Sosial dan Dinas PU Kabupaten Bolsel.
  • Berkaitan dengan sector pariwisata yang tak kalah pentingnya, kita berupaya menegaskan bahwa Bolsel sebagai salah satu daerah tujuan wisata, salah satu daya tarik wisata yang sedang dikembangkan adalah jenis wisata Bolsel Under Water Destination
  • Sebagai komitmen pemerintah daerah mewujudkan visi kabupaten Bolsel yang berbudaya maka tepat di HUT Bolsel ke XI, dilaunching buku dengan judul “Napak Tilas Sejarah Kerajaan dan Raja-Raja Bolango”. Tidak hanya itu, tahun depan (2020) Pemkab Bolsel akan mengalokasikan anggaran lewat Dinas Pariwisata untuk merencanakan pembangunan museum dan Istana kerajaan Bolango.

(ADV/Tio)

 

 

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.