Bolsel, Satu dari Lima Kabupaten Kota di Sulut yang Terintegrasi dengan SIPD Kemendagri

0
148

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menjadi satu dari lima Kabupaten Kota di Sulawesi Utara yang telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal ini sebagaimana disampaikan Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru S.Pt, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Data SIPD Kamis (27/02/2020) bertempat di Ruang Rapat Bappelitbangda Bolsel.

“Di Sulut, baru 5 Kabupaten Kota yang sudah terintegrasi dengan SIPD Kemendagri yakni Kabupaten Bolsel, Kabupaten Bolmong, Kota Kotamobagu, Kabupaten Sitaro dan Kabupaten Mitra,” beber Bupati.

Menurut Bupati, proses integrasi ini dapat terwujud karena komitmen OPD sebagai produsen data yang setiap saat menyampaikan data kepada admin daerah dalam hal ini Bapelitbangda.

“Secara umum aplikasi SIPD sangat penting karena memuat menu e-atabase SIPD, perencanaan pembangunan SIPD dan Dasboard Profil SIPD yang didalamnya memuat informasi tentang pembangunan daerah, keuangan daerah dan informasi lainya seperti LPPD, EPPD dan produk hukum daerah,” terang Bupati.

Kedepan Bupati berharap, para kepala OPD dapat terus meningkatkan kualitas data dan informasi daerah, sehingga informasi yang nantinya kita sajikan benar benar sangat bermanfaat untuk masyarakat bolsel.

“Maka kembali lagi ke komitmen OPD menjadi hal yang paling penting dalam SIPD ini, sehingga kedepan Kabupaten Bolsel akan lebih transparan lagi, dalam penyampaian data kepada masyarakat serta dapat mewujudkan komitmen presiden RI Bapak Joko Widodo untuk menjadikan satu data Indonesia,” harapnya.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Bolsel sementara hadir sebagai pemateri yakni Kabid Informasi dan Pembangunan Daerah Bappeda Provinsi Sulut, Ivon Mangundap, ST,. MSi.

Turut mendampingi Bupati dalam pembukaan Rakor SIPD tersebut, Asisten 1 Setda Bolsel serta Kaban Bappelitbangda Bolsel Arifin Matulu.

(*/Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.