Masyarakat Diimbau Manfaatkan Lahan Tidur untuk Bertani

0
25

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diimbau bisa memanfaatkan lahan untuk bertani dengan sebaik-baiknya.

Hal itu berdasarkan penuturan Kepala Dinas Pertanian Bolmong, Remon Ratu. Menurutnya, sasaran utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalu Dinas Pertanian saat ini adalah pemanfaatan lahan tidur.

“Lahan tidur harus diberdayakan, apalagi saat ini sejumlah produksi tanaman pokok menjadi fokus Pemkab Bolmong. Salah satunya peningkatan produksi tanaman jagung di seluruh kecamatan,” kata Ratu.

Menurutnya, saat ini pemerintah terus menyalurkan bantuan untuk menggenjot produksi jagung di Bolmong. Katanya, sesuai dengan data yang ada, luas lahan yang digunakan untuk penanaman jagung sebesar 9.470 Ha. Sementara, target penanaman jagung dari Dinas Pertanian Bolmong sebesar 37.000 Ha Tahun 2020 ini.

“Luas lahan yang telah ditanami jagung sudah sebesar 9.470, Ha. Makanya produksinya kita genjot,” katanya.

Ia mencontohkan, wilayah Dumoga bersatu dan Lolak merupakan daerah yang cocok untuk pengembangan dan peningkatan produksi jagung. “Daerah-daerah tersebut sangat cocok untuk pengembangan tanaman pokok ini,” ungkap.

Lanjutnya, bisa juga tanaman pokok lainnya, intinya kata dia, jangan membiarkan lahan kita tidak diberdayakan dengan baik. “Upaya pemerintah selalu ada dalam hal bantuan. Berharap masyarakat lebih aktif lagi, dan tidak membiarkan lahan kita tidak diberdayakan,” harapnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.