Pemerintah Gogagoman Rencanakan Pengolahan Sampah dan Air Bersih Mandiri

0
49

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Pemerintah kelurahan Gogagoman kedepannya berencana menjadikan kelurahannya sebagai kelurahan mandiri. Ada 2 potensi kelurahan yang rencananya akan di kembangkan oleh pemerintah setempat kedepannya.

Hal ini disampaikan langsung oleh lurah Gogagoman, Hendra Manoppo, SP.

“Jadi kedepannya, kami berencana mengembangkan pengolahan sampah mandiri dan pengolahan air bersih yang sumbernya semua berada didalam kelurahan ini,” ungkap Hendra, selasa (18/02).

Hendra menjelaskan, dalam pengolahan sampah yang ada di kelurahan tersebut bisa menghasilkan pendapatan kelurahan yang mencapai 2-4 Milyar Rupiah setiap tahunnya apabila dikelola dengan benar.

“Jika mengambil acuan per kepala keluarga, dengan bobot 2 kg sampah perharinya dan dikalikan 250 hari saja, kami bisa menghasilkan 2-4 milyar dan itu diharapkan bisa menjadi anggaran penunjang untuk kebutuhan kelurahan. Semwntara KK yang ada di Gogagoman saat ini berjumlah 4000 KK,” terang Alumni Fakultas Pertanian Unsrat itu.

Hendra mengharapkan dukungan pemerintah dan DPRD Kotamobagu terkait rencana kedepan agar bisa membantu perekonomian dan meringankan beban pemerintah.

“Sederhanannya, jika ini didukung oleh pemerintah dan DPRD pasti akan terwujud dan kedepan akan mengurangi beban pemerintah si kelurahan Gogagoman,” jelasnya.

Selain pengolahan sampah mandiri, ternyata Gogagoman memiliki sumber air yang bisa mengairi dan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Gogagoman dan sekitarnya.

“Jadi selain sampah, kami punya sumber air yang sudah disurvei, dan itu bisa untuk kebutuha masyarakat Gogagoman dan sekitarnya. Dan kami juga berharap hal ini dapat dimafaatkan,” Pungkasnya.

(Octav)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.