Gelar Paripurna, DPRD dan Pemkab Bolmong Sepakati KUA-PPAS APBD Bolmong 2021

0
80
Paripurna Penandatanganan Kesepakatan Bersama KUA-PPAS APBD Bolmong TA 2021 oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling. (Foto: Ist)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar rapat paripurna bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, dalam rangka penandatanganan kesepakatan bersama Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolmong Tahun Anggaran (TA) 2021.

Kegiatan itu berslangsung, Selasa (24/11/2020). Diketahui, sebelum rapat paripurna penandatanganan kesepakatan bersama KUA PPAS APBD tahun 2021, Badan Anggaran DPRD dan tim anggaran Pemkab Bolmong, melaksanakan rapat bersama membahas asumsi KUA PPAS APBD tahun 2021.

Rapat sebelum paripurna berlangsung, diikuti Ketua Tim anggaran Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Asisten 3 Ashari Sugeha, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Rio Lombone, Kabag Hukum Tri Akun, dan Banggar DPRD Bolmong sendiri langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, anggota Supandri Damogalad, Marthen Tangkere, Febrianto Tangahu, Sukadi, Wolter Barakati, Sutarsi Mokodompit, Toni Tumbelaka, dan Cindra Opod.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, kembali membuka skor rapat sidang yang sebelumnya sudah pernah dibahas. Di skor sebelumnya karena Dipa APBD Bolmong tahun 2021 belum diketahui berapa DAK dan DAU -Nya.

Untuk itu kata Welty, skorsing rapat kembali dicabut. Dalam kesempatan tersebut, memberikan waktu kepada seluruh anggota Banggar DPRD, untuk menyampaikan pendapat sebelum tim anggaran Pemkab Bolmong, mempersentasekan postur KUA PPAS APBD tahun anggaran 2021.

Salah satunya, Muhammad Syafrudin Mokoagow, kembali mempertanyakan royalti PT JRBM Bakan kepada daerah. Ini langsung ditanggapi oleh Sekda Bolmong Tahlis Gallang, mengatakan untuk royalti PT JRBM saat ini pembicaraan kedua pimpinan daerah Bolsel dan Bolmong telah menemui kesepakatan. “Alhamdulillah, tahun depan royalti PT JRBM tersebut tahun depan masuk ke kas daerah oleh Kementerian Keuangan pusat,” kata Tahlis.

Diperkirakan asumsi royalti nya sekitar Rp 96 Milyar, yang kemungkinan akan dimasukan dalam APBD perubahan tahun 2021. “Awal tahun depan royaltinya bisa diketahui berapa nominalnya, angka tadi hanya bersifat asumsi saja dan perkiraan, jadi kedua daerah sudah ada titik temu,” ungkap Tahlis.

Memasuki Sholat Magrib, rapat di skor dan kembali dimulai sesudah sholat Isya malam.
Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, mengungkapkan untuk rapat paripurna KUA PPAS APBD tahun 2021, harus digelar malam ini. Sebab batas untuk dibahas Provinsi, hanya sampai tanggal 15 Desember depan.

Usai rapat pembahasan itu, Rapat Paripurna KUA PPAS APBD tahun 2021 langsung digelar. Menurut Welty, berdasarkan peraturan tata tertib DPRD dan daftar hadir anggota DPRD Bolmong saat ini. “Maka rapat paripurna ini manjadi korum dan sah secara aturan untuk dilanjutkan,” ucap Welty Komaling.

Di menambahkan, pembahasan KUA-PPAS APBD Bolmong TA 2021 telah selesai di bahas oleh Bagian Anggaran (Banggar) DPRD Bolmong dan pihak Eksekutif dalam hal ini Pemkab Bolmong. “Sehingga dilaksanakannya rapat paripurna penandatanganan kesepakatan bersama KUA-PPAS APBD TA 2021 atara pihak DPRD dan pihak Pemkab Bolmong saat ini,” beber Welty.

Rapat paripurna dilanjutkan dengan mendengarkan Nota kesepakatan bersama KUA-PPAS APBD Bolmong TA 2021 yang dibacakan langsung oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Yahya Fasa sebelum kemudian pada penandatanganan kesepakatan bersama oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Ketua DPRD Welty Komaling.

Usai penandatanganan kesepakatan bersama tersebut, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan Wakil Ketua serta seluruh Anggota DPRD Bolmong yang sudah berkenan menyelesaikan pembahasan KUA-PPAS APBD Bolmong TA (2021).

“KUA-PPAS APBD Bolmong TA 2021 merupakan satu rujukan dalam roda pemerintahan untuk melanjutkan program pembangunan di Daerah Kabupaten Bolmong sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Bolmong,” ujar Bupati.

Bupati juga memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Bolmong yang sudah menyelesaikan penyusunan dan pembahasan KUA-PPAS APBD Bolmong TA 2021 bersama tim Banggar DPRD Bolmong.

“Meski masi dalam situasi pandemi Covid-19, namun TAPD dan Banggar DPRD Bolmong tetap semangat menyelesaikan penyusunan dan pembahasan KUA-PPAS APBD Bolmong TA 2021. Untuk itu, dalam kesempatan ini saya mengucapkan banyak terimakasih serta mengingatkan untuk selalu menerapkan 3M, memakai Masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak, dengan harapan semoga Covid-19 ini cepat berakhir,” harapnya. (Ind/Adve)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.