Selain Resmikan Program KOTAKU, H2M Juga Serahkan Bantuan 1 Unit Bus Sekolah untuk Pemda Bolmut

0
39

BOLMUT,DETOTABUAN.COM – Anggota Komisi V DPR RI, Hi. Herson Mayulu, SIP, meresmikan program Kementerian Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tepatnya di Desa Bolangitang II Kecamatan Bolangitang Barat, Selasa (22/12/2020).

Herson menjelaskan, program KOTAKU ini, merupakan salah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh yang dilaksanakan secara nasional di 34 provinsi, yang menjadi basis penanganan pemukiman kumuh yang mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termasuk dari pemerintah pusat, kabupaten/kota, swasta, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Sebagaimana tujuan umum program ini adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman kumuh perkotaan untuk mendukung perwujudan pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan,” ungkap Politisi PDIP ini.

Sementara itu, Bupati Bolmut dalam sambutannya, mengucapkan banyak terimakasih kepada Hi. Herson Mayulu, SIP yang telah memperjuangkan aspirasi rakyat Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kabupaten Bolmut.

“Rasa syukur dan terimakasih banyak kami ucapkan kepada Bapak Herson Mayulu yang telah memperjuangkan aspirasi rakyat, sehingga program Kotaku ini bisa ada di Bolmut, tepatnya di Desa Bolangitang II”, ucap Bupati.

Dirinya menerangkan, betapa tak mudah memperjuangkan program ini untuk bisa sampai ke Bolmut.

“Untuk sampai ke Kabupaten Bolmut, program KOTAKU ini, butuh perjuangan yang tak mudah. Dan itu dilakukan oleh Pak Herson semata-mata untuk memperbaiki akses Masyarakat terhadap infrastruktur dan fasilitas pelayanan di pemukiman kumuh perkotaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pencegahan pemukiman kumuh di perkotaan”, terang Bupati.

Selain program kotaku, tahun 2020 ini lanjut Bupati, Kabupaten Bolmut berhasil memdapatkan bantuan stimulan perumahan swadaya sebanyak 646 unit yang terdiri dari 425 unit BSPS reguler, 76 unit BSPS bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus), dan 145 unit BSPS aspirasi anggota DPR RI bapak Herson Mayulu.

Diketahui, persemian Kotaku ini juga dibarengi dengan penyerahan bantuan 1 Unit Bus Sekolah yang merupakan program aspirasi anggota DPR RI untuk Pemda Bolmut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Sekda Bolmut Dr. Hi. Asripan Nani, MSc, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Kawasan Pemukiman Provinsi Sulut Ognarius Tindoilus, ST, Kadis PUPR Bolmut Rudini Masuara, ST, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Bolmut Dr. Hidayat Panigoro, M.Si, Kadis Perhubungan Drs. Uteng Datunsolang, Kepala DLH Irma Ginoga, S.Pd. Kasat Intelkam Polres Bolmut AKP Joyke Ferry Momomuat, Camat, Sangadi dan pengurus LKM Mokotabi.

(*/Tio)