Gelar Panen Padi Ladang Bersama, Pemkab Harap Stok Beras Membantu Kebutuhan Pangan di Masa Pandemi

0
19

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pertanian menggelar panen padi ladang berdasama di Desa Lolan, Kecamatan Bolaang timur Selasa, (30/03/2021).

Panen bersama dipimpin langsung oleh Kadis Pertanian Remon Ratoe bersama Camat Bolaang Timur Supriadi Dilapanga. Kepala Dinas Pertanian Remon Ratu memberikan apresiasi atas kerja keras usaha para petani dalam mendukung dan meningkatkan ketahanan pangan, semoga kedepannya menjadi lebih mantap lagi dan sukses.

“Saya berharap program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) padi ladang dapat meningkatkan provitas dan produk hasil panen agar bisa berkesinambungan serta bisa menjaga dan merawat sarana yang di berikan oleh pemerintah,” kata Remon.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Nadrah Husain mengatakan bahwa para petani pelaksana PATB sangat antusias melaksanakan kegiatan ini dan bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh petani.

Menurutnya, para petani sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat, Dinas pertanian dan peternakan Provinsi sulut dan Dinas Pertanian kabupaten Bolmong.

Nadrah menyebutkan lokasi pertanaman padi ladang PATB di Bolmong tersebar di empat kecamatan yaitu di kecamatan poigar seluas 534 Hektar, Kecamatan Bolaang Timur seluas 485 Hektar, Kecamatan Lolak 177 Hektar dan Kecamatan Bolaang 99 Hektar, yang dilaksanakan oleh 77 kelompok tani.

Petani ladang PATB juga mendapatkan bantuan saprodi yangb terdiri dari Pupuk NPK sebanyak 319 Ton, Pupuk hayati cair (Puhay) 6.380 Liter, Pestisida 1.590 Liter, herbisida 4.785 Liter, Biaya BBM pengolahan Tanah, Bantuan pompa dan sumur bor.

Penanaman padi yang dimulai pada bulan agustus dengan luas lahan 1595 Hektar lahan yang tertanami padi ini juga digarapkan dapat memberikan tambahan stok beras untuk mencukupi kebutuhan selama pandemi. (Ind)