Melalui Reses, Sulhan Serap Aspirasi Masyarakat Sang Tombolang

0
44

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dari Partai Golongan Karya (Golkar) Sulhan Manggabarani melakukan Reses dan Silaturahim, Minggu (21/03/2021), di Pantai desa Babo, Kecamatan Sangtombolang.

Selain mendengar keluh kesah masyarakat, agenda reses juga dimanfaatkannya untuk mensosialisasikan lokasi wisata pantai Babo kepada masyarakat yang hadir dari perwakilan warga 12 desa sekecamatan Sangtombolang.

“Yang hadir tidak banyak karena aturan Pandemi Covid-19, dibatasi minimal 50 orang. Tetap mengikuti protokol Kesehatan yakni mencuci tangan, jaga jarak dan memakai masker,” kata Sulhan.

Ia pun mengajak kepada masyarakat agar tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah

“Saya harap masyarakat tetap bersabar jika usulan belum terealisasi, pasalnya dalam pandemi saat ini pemerintah sebagian anggaran masih di refocusing. Fokus pada pemulihan ekonomi yang sudah dua tahun ini berjalan dilanda bencana non alam,” terang Sulhan.

Menurut Sulhan, kegiatan reses ini untuk menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat. Ini juga sebagai pertanggungjawaban moral wakil rakyat kepada konstituen ditahun sebelumnya.

“Ini sekaligus menyerap aspirasi masyarakat khususnya dapil satu yang di kecamatan Sang Tombolang, untuk diperjuangkan sebagai bahan pokok – pokok pikiran (pokir) DPRD dalam proses rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun 2022 mendatang,” tutur Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Bolmong tersebut.

Dalam reses, kata Sulhan masyarakat berharap juga bantuan – bantuan dari pemerintah untuk segera direalisasikan seperti bantuan bibit pertanian dan perkebunan, bantuan pupuk, bantuan ternak, serta alat – alat pertanian.

“Selain bantuan warga meminta agar dilakukan pemahaman kepada masyarakat dalam bidang pertanian. Dimana perlu ada pendampingan instruktur pertanian ke desa-desa,” harapnya.

Tak hanya itu, para kaum perempuan pun tidak ketinggalan juga dalam menyampaikan usulan, seperti usulan bantuan BPJS dan usaha Katring.

Untuk infrastruktur, yang diusulkan Warga seperti didesa Lolanan pemasangan paving halaman Puskesmas Maelang dan pembangunan pagar keliling, pelatihan bagi pemuda dalam usaha ekonomi kreatif, peningkatan kesejahteraan perangkat desa, imam dan pegawai syar’i, pengadaan mesin prapanen untuk petani yaitu mesin Conbine Harvester oleh Desa Cempaka. Selain itu, Jut desda desa Domisil, bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan peningkatan jalan kebun di desa Babo.

“Ada banyak usulan warga untuk perwakilan 12 desa di kecamatan Sang Tombolang, yang saya tampung menjadi pokir. Ini tentu saya akan bawah dalam rapat paripurna internal DPRD, agar dapat masuk di sistem Pemkab Bolmong,” pungkas Sulhan.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Babo Safri Lauso terima kasih kepada anggota DPRD Sulhan Manggabarani, yang telah melakukan reses di wilayahnya. “Saya berterimakasih kepada Bapak Sulhan yang sudah bisa reses di Desa ini, kami berharap Bapak bisa memperjuangkan apa yang menjadi keinginan masyarakat kami,” tandasnya.(Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.