ASN dan Staf Diskominfo Bolmong Tingkatkan Pemahaman Teknologi Informasi

0
20

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kerjasama dengan PT Jala Lintas Media menggelar sharing knowledge install dan konfigurasi domain name server (DNS) menggunakan linux.

Kegiatan digelar di Ruang rapat Diskominfo Bolmong Rabu, (07/04/2021) dan dibuka langsung Sekretaris Diskominfo Jenli Mongilong, dan diikuti oleh ASN dan tenaga ahli Diskominfo Bolmong.

“Mengapresiasi kehadiran pihak JLM dalam kegiatan sharing knowledge install dan konfigurasi DNS menggunakan linux ini,” kata Mongilong. “Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pemahaman dalam peningkatan kemampuan ASN dalam teknologi informasi,” tambahnya.

Dalam materinya, pihak JLM Kahfi Alfarisi Firdaus menjelaskan DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address).

“DNS adalah sistem yang meringkas pekerjaan, kita tinggal mengingat nama domain dan memasukkannya dalam address bar. DNS kemudian akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP address yang komputer pahami,” jelasnya .

Menurutnya, untuk mengakses internet, perlu mengetikkan IP address sebuah website. Cara ini cukup merepotkan. Sebab, ini artinya perlu punya daftar lengkap IP address website yang dikunjungi dan memasukkannya secara manual.

“Tiga fungsi DNS meminta informasi IP address sebuah website berdasarkan nama domain, meminta informasi URL sebuah website berdasarkan IP address yang dimasukkan dan mencari server yang tepat untuk mengirimkan email,” tutupnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.