Buka Bimtek Pergeseran dan Penatausahaan Anggaran Melalui SIPD, Tahlis Minta Peserta Serap Baik Semua Materi

0
68

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pergeseran dan penatausahaan anggaran 2021 Pemkab Bolmong melalui sistem Iinformasih pemerintah daerah (SIPD).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 126 peserta yang terdiri dari Sekretaris Dinas/Badan, Kasubag Program dan bendahara di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bolmong itu berlangsung di Mercure Hotel, Tateli, Senin (12/04/2021).

Kegiatan yang nantinya berlangsung selama tiga hari pertanggal 11-13 April 2021, menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam kegiatan, Pemkav menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut sangat penting untuk diikuti guna menambah wawasan dalam penerapan SIPD. “Ini modal utama untuk dipelajari dan diterapkan kepada teman pegawai lainnya,” kata Tahlis.

Dijelaskan, ada dua hal penting dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yang harus menjadi perhatian. Yang pertama menurutnya, terkait dengan pergeseran. Sebagaimana diketahui, pergeseran anggaran pemerintah daerah sudah dilakukan meskipun belum menggunakan SIPD, baru sebatas manual atau dengan aplikasi lainnya. Serta hal kedua menurutnya, terkait dengan transaksi keuangan daerah.

“Ini sangat penting untuk kita ikuti dengan baik. SIPD ini jangka panjang, tidak menutup kemungkinan, seluruh kementerian akan menggunakan aplikasi ini termasuk pemerintah daerah, sebagaimana amanat dari Bapak Presiden Joko Widodo lalu,” jelasnya.

Dirinya berharap peserta yang ada dapat mengambil bagian dalam keikutsertaan dengan baik, sehingga apa yang diharapkan oleh pemerintah dapat tercapai sesuai dengan harapan.

“Kita sudah jauh-jauh menggelar Bimtek di luar daerah, harapannya agar peserta lebih semangat lagi dan ilmu yang didapat, agar diserap dengan baik,” tutupnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.