Bakan Ditetapkan Sebagai Desa Tangguh Bencana

0
17

 

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) bersama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan Desa Bakan Kecamatan Lolayan, sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Sahril Mokoagow mengatakan, ini merupakan program dari BPBD Provinsi, dimana usulan penetapan lokasi dari BPBD Bolmong.

“Alhamdulillah, usulan kami disetujui oleh Provinsi, selanjutnya dilanjutkan kegiatan sosialisasi serta pelatihan oleh BPBD Provinsi,” ungkapnya Senin, (10/05/2021).

Ditambahkan, kegiatan itu berkaitan dengan pengukuhan desa tangguh bencana. Desa tangguh bencana kata dia adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana.

Terutama desa Bakan yang telah ditetapkan sebagai Destana, akan mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang terjadi. Dengan begitu, kata Sahril desa tersebut mempunyai ketangguhan terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman diwilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumberdaya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

“Saya berharap Desa Bakan memiliki kemampuan mandiri untuk beradabtasi dan menghadapi potensi ancaman bencana,” imbuh Sahril. Sambil menambahkan, ada sekitar 30 relawan yang dilatih terkait penanggulangan bencana didesa. (Ind).

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.