Yasti Sambut Baik Kunjungan Gubernur dan Unsur Forkopimda Sulut Dalam Pemantauan Pos Terpadu Lebaran 2021

0
153
Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow Menyambut Kunker Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Rudis Bupati Bolmong. (Foto: Ist)

ADVETORIAL

BOLMONG,DETOTABUAN.COM– Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menerima kunjungan kerja (Kunker) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, bersama rombongan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sulut.

Rombongan Gubernur Olly bersama Forkopimda Sulut disambut Bupati Kamis (06/05/2021) di rumah dinas (Rudis) Bupati, Bolmong. Kunjungan gubernur itu, melaksanakan pemantauan Pos Terpadu Lebaran 2021 dan pos penanggulangan Covid-19 di perbatasan Provinsi Gorontalo dan Sulut.

Bupati Bolmong mengatakan, kunjungan Gubernur dan rombongan memberikan motivasi kepada Pemda dan masyarakat Bolmong supaya tertib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dijelaskan, saat ini banyak varian baru terkait Covid-19, itu sebabnya, kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan. “Sekarang ini banyak varian baru terkait Covid-19. Ini bentuk kewaspadaan Forkompinda Sulut dan kami yang berada di daerah,” jelas Bupati.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjelaskan, terkait edaran peniadaan mudik sebagai upaya pengendalian Covid-19, pemerintah telah mengatur pembatasan mobilitas masyarakat dan mengoptimalisasi fungsi Posko Covid-19 di desa/kelurahan selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah.

“Peniadaan mudik bagi masyarakat untuk semua penggunaan mode transportasi baik darat, laut dan udara. Juga transportasi umum maupun pribadi. Tujuannya adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan Covif-19 selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah,” terang Olly.

Menurutnya, pandemi Covid-19 di Sulut bisa dikontrol. Saat ini, Sulut berstatus zona orange Covid-19. “Paling penting kita disiplin protokol kesehatan,” katanya sembari menambahkan, sangat rawan jika membuka pintu antar provinsi, karena bisa memunculkan mobilitas tinggi.

Untuk itu kata Olly, agenda ini untuk mengecek di lapangan terkait kesiapan para aparat dalam rangka menghalau yang mudik. “Kita bersyukur koordinasi antar provinsi dan kabupaten baik semua, sehingga tidak menimbulkan kemacetan di perjalanan,” aku Olly.

Bahkan kata Olly, untuk perbatasan Sulut dan Gorontalo yang dikunjunginya langsung, ia sengaja meminta di perbatasan dua daerah tersebut saling mengecek agar tidak terjadi kemacetan yang panjang di pos-pos pengamanan itu.

“Koordinasinya bagus antara Pemerintah Daerah baik Gorontalo dan di Sulut, serta Bupati dan Camat di masing-masing perbatasan ada kerjasama yang baik. Sehingga kita melihat langsung, bahwa perjalanan dari Manado sampai Pinogaluman perbatasan Bolmut dan Gorontalo semua lancar tidak ada hambatan,” tuturnya.

Gubernur mengimbau, seluruh masyarakat agar tidak terlena dengan situasi kondisi di Sulut, dimana Pandemi Covid-19 sudah menurun. “Kita harus waspada, karena kita tidak bisa melihat virus ini,” pintanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Sulut Iwan Sonjaya mengatakan, kunjungan tersebut untuk meninjau kesiapan pos penyekatan perbatasan Provinsi Gorontalo dan Sulut. “Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi Pemerintah Pusat, terkait dengan pelarangan mudik. Kita harus melihat langsung segala kesiapannya,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan di pos penyekatan, akan dilaksanakan secara persuasif dalam artian tidak terlalu level up. “Untuk angkutan logistik, kesehatan, serta petugas keamanan kita bisa beri untuk pelaksanaannya,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, rombongan Gubernur Sulut yang berkunjung ke Bolmong masing-masing Kapolda Sulut, Pangdam Merdeka, Ketua DPRD Provinsi, Sekprov, Danlanud, Danlanal, beserta jajaran Forkopimda Sulut. (Ind/Adve)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.