Sulut Raih Angka Tertinggi Capaian Vaksinasi Covid – 19 Tahap Pertama, Kemenkes Beri Apresiasi

0
38

SULUT,DETOTABUAN.COM – Kementerian Kesehatan RI memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulut dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 lewat program vaksinasi. Pasalnya, sesuai data dari Kemenkes, Provinsi Sulut berhasil meraih angka tertinggi dalam capaian vaksinasi dosis tahap pertama.

Hal ini terungkap dalam Rapat Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro secara virtual yang diikuti oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Capaian ini dikarenakan, ada enam daerah di Provinsi Sulut yang masuk dalam 20 kabupaten/kota terbaik dalam hal capaian vaksinasi di Indonesia yakni Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Sitaro, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaangmongondow Utara.

“Puji Tuhan, enam daerah di Sulut masuk 20 terbaik daerah se-Indonesia dalam hal capaian vaksinasi. Kota Manado dan Kota Tomohon bahkan berhasil menempati urutan pertama dan kedua,” ujar Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di hadapan awak media, usai mengikuti rapat tersebut di Ruang Command Center Kantor Gubernur, Rabu (7/7/2021).

Wagub Steven menilai, keberhasilan enam daerah di wilayah Bumi Nyiur Melambai ini merupakan buah kerjasama yang dilakukan Pemprov Sulut dan jajaran Forkopimda dengan 15 pemerintah kabupaten/kota bersama masyarakat. Menurutnya, pencapaian hebat ini harus terus dijaga agar dapat sesuai dengan keinginan Presiden RI Joko Widodo yang berharap agar herd immunity di Sulut dapat tercapai secepatnya.

“Keinginan Bapak Presiden yaitu agar Sulut secepatnya mencapai herd immunity . Untuk itu, program vaksinasi ini kita jalankan karena merupakan salah satu kunci untuk menuntaskan pandemi Covid-19. Ini sekaligus untuk memulihkan kembali kondisi perekonomian pasca pandemi. Mari kita sukseskan program ini, sambil terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” pungkasnya.

Berikut daftar 20 kabupaten/kota dengan presentase cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama tertinggi se-Indonesia.

– Kota Manado (Sulut) 63%
– Kota Tomohon (Sulut) 50%
– Kabupaten Pakpak Bharat (Sumut) 40%
– Kota Mataram (NTB) 35%
– Kota Dumai (Riau) 33%
– Kota Kupang (NTT) 33%
– Kota Ambon (Maluku) 32%
– Kabupaten Sitaro (Sulut) 32%
– Kota Pekanbaru (Riau) 32%
– Kota Sibolga (Sumut) 30%
– Kota Gorontalo (Gorontalo) 29%
– Kota Banda Aceh (Aceh) 29%
– Kota Pangkal Pinang (Babel) 28%
– Kota Jambi (Jambi) 27%
– Kota Palu (Sulteng) 26%
– Kota Bitung (Sulut) 26%
– Kota Makassar (Sulsel) 25%
– Kabupaten Minsel (Sulut) 25%
– Kabupaten Bolmut (Sulut) 24%
– Kota Medan (Sumut) 24%

(Infotorial Kominfo)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.