Beranda Bolaang Mongondow Raya Bolsel Tak Hadir di Paripurna HUT Kabupaten, Tokoh Adat Sayangkan Sikap Kapolres Bolsel

Tak Hadir di Paripurna HUT Kabupaten, Tokoh Adat Sayangkan Sikap Kapolres Bolsel

0
239

BOLSEL,DETOTABUAN.COM – Tokoh adat Bolsel H. Herson Mayulu, SIP menyayangkan sikap Kapolres Bolsel AKBP. Yuli Kurnianto, SIK yang tak hadir dalam paripurna HUT kabupaten yang digelar, Kamis (22/07/2021) tadi.

Padahal, paripurna itu dihadiri langsung oleh Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, SPt, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Gubernur yang diwakili Kepala Biro (Karo) Ekonomi Ir. Hanny Wayong, MSi, Ketua DPRD Bolsel dan anggota, Danramil, Danpos TNI AL, Kacabjari Dumoga, Kakan Kemenag Bolsel, Kepala Kantor Imigrasi KemenkumHAM kelas II Kotamobagu, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staff Ahli, Staf Khusus Bupati, Pimpinan OPD, Camat, dan para Sangadi.

“Hari ini Bolsel berusia 13 tahun, saat sidang paripurna DPRD Bolsel di gelar, sangat disayang seorang Kapolres tidak mau hadir dan mewakilkan kepada seorang Kapolsek, memangnya hari ulang tahun kecamatan sehingga yang hadir hanya setingkat kapolsek?,” ujar Mantan Bupati Bolsel dua periode itu.

Herson mengatakan, Gedung DPRD adalah gedung rakyat, sehingga ketidakhadiran kapolres pada acara tersebut tanpa alasan, adalah suatu bentuk ketidakadaan rasa hormat terhadap rakyat Bolsel.

“Bolsel adalah tempat dimana dia (Kapolres.red) bertugas, sebagai pengayom rakyat yang juga adalah anggota musyawarah pimpinan daerah. Beginikah mental seorang bhayangkara negara,” ketusnya.

Lebih lanjut kata Herson, kehadirannya di paripurna ini karena diundang oleh Pemkab Bolsel dalam kapasitas sebagai tokoh adat, bukan sebagai Anggota DPR RI, sehingga wajar ketika ia merasa marah dan tersinggung.

“Wajar ketika saya tersinggung, karena ini adalah bentuk pelecehan terhadap masyarakat adat di Bolsel,” tandasnya.

Terpisah, Kapolres Bolsel AKBP. Yuli Kurnianto, SIK saat dikonfirmasi awak media mengatakan, ketidakhadirannya diagenda paripurna tersebut bukanlah sesuatu yang disengaja, melainkan karena ada agenda yang tak kalah penting yakni acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kasat Binmas.

“Saya tadi hanya sempat mengikuti Upacara peringatan HUT Kabupaten di Lapangan Molibagu, karena siangnya ada agenda Sertijab Kasat Binmas di Aula Polres yang telah diagendakan jauh hari sebelumnya dan sempat beberapa kali tertunda,’ terang Kurnianto.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.