Dapat BPUM, Pelaku UMKM di Bolmong Ucapkan Terima Kasih ke Stafsus Gubernur Firasat Mokodompit

0
77

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Bolmong, meyampaikan ucapan terima kasih kepada Staff Khusus Gubernur Sulut Bidang UMKM, M. Firasat Mokodompit, SE.

Pasalnya, berkat perjuangan Firasat dan Tim, warga mulai mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang merupakan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif, sebagai upaya mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 terhadap keberlangsungan UMKM.

Lisa Sugeha, salah satu pelaku UMKM yang ada di Desa Tapa’ Aog, Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong mengatakan, awalnya ia dan beberapa rekan pelaku UMKM, diminta memasukkan data-data oleh Tim dari Staf Khusus Gubernur berupa foto copy KTP elektronik, foto copy kartu keluarga (KK), Surat keterangan usaha dari Sangadi, foto usaha atau tempat usaha

“Alhamdullilah, kemarin, kami sudah menerima BPUM sebesar Rp 1.200.000,- ini semua tak lepas dari perjuangan Pak Firasat dan Tim, sebab itu kami menyampaikan ucapan banyak terima kasih,” sebutnya.

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Bidang UMKM, M. Firasat Mokodompit, SE mengatakan, memang skema mendapatkan bantuan ini ada dua. Pertama lewat Tim UMKM dibawah koordinator dirinya sebagai Staf Khusus Gubernur, kemudian lewat Dinas Koperasi dan UKM yang ada di Kabupaten/Kota setempat.

“Untuk data yang masuk ke kami, langsung kami bawa ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi, selanjutnya diverifikasi untuk dibawa ke Kementerian Koperasi, alhamdullilah sesuai laporan yang masuk ke kami, sudah banyak yang menerima,” ujarnya.

Firasat mengaku bersyukur, bahwa perjuangan dia dan tim, bisa membuahkan hasil meski tidak semuanya bisa lolos verifikasi dikarenakan tidak memenuhi kriteria penerima.

“Saya sebagai Stafsus Gubernur Bidang UMKM hanya memfasilitasi, tentu adalah sebuah kebanggan bisa membantu masyarakat terutama pelaku UMKM, demi cita cita besar ODSK, agar UMKM Sulut lebih maju dan sejahtera,” tambahnya.

Selain BPUM kata Firasat, saat ini pihaknya sedang berupaya berkoordinasi dengan pihak Perbankan, Pemerintah Kabupaten/Kota dan seluruh pihak terkait termasuk BPN, agar pelaku usaha di 15 Kabupaten Kota, mendapatkan bantuan modal serta kemudahan Perijinan Industri Rumah Tangga (PIRT) sehingga, mereka bisa melebarkan sayap.

“Ini semua kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab atas tugas yang dipercayakan oleh Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Pak Wakil Gubernur Steven Kandouw, selain itu sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” pungkasnya. (**)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.