DPRD Bolmong Gelar Paripurna Ranperda Inisiatif Tentang Pajak Air Tanah dan BUMDes Serta Penyampaian KUA-PPAS APBD Tahun 2022

0
25
Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Memimpin Paripurna Ranperda Inisiatif Tentang Pajak Air Tanah dan BUMDes Serta Penyampaian KUA-PPAS APBD Tahun 2022. (Foto: Ist)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar dua agenda rapat paripurna. Kegiatan itu, berlangsung di ruang rapat Kantor DPRD Bolmong Selasa, (14/09/2021).

Dua agenda rapat paripurna tersebut masing-masing rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat satu penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD tentang Pajak Air Tanah dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta Penyampaian Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun 2022.

Dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, dihadiri anggota DPRD Bolmong. Sementara, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, diikuti Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Yanny R. Tuuk secara virtual.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling
meminta, pemanfaatan BUMDes bisa terus dipacu untuk bisa meningkatkan PAD daerah. Menurutnya, Bolmong adalah Kabupaten yang mempunyai banyak potensi. “Banyak BUMDes yang hanya asal jadi, tapi tidak menghasilkan,” ujarnya.

Dirinya meminta supaya setiap desa di Bolmong bisa menggali setiap potensi yang ada di desanya masing-masing. “Potensi di desa harus terus digali, lalu ditampilkan melalui BUMDes. Agar setiap desa punya potensi yang ditonjolkan,” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Bolmong Mas’ud Lauma menuturkan, banyak BUMDes di Bolmong tidak jelas pertanggung jawabannya. “Masih banyak yang tidak jelas, karena banyak desa tidak serius mengelola BUMDes,” ungkapnya.

Ia meminta desa tak hanya menciplak program dari BUMDes desa lainnya. “Jangan hanya asal ciplak, tapi harus bermanfaat bagi desa,” tegasnya.

Sedangkan untuk pajak air dan tanah, Mas’ud Lauma meminta supaya bisa dimaksimalkan dengan baik, demi berdampak positif bagi Kabupaten Bolmong.

Wakil Bupati Bolmong Yanny R. Tuuk berterima kasih kepada DPRD Bolmong atas setiap usulan yang sudah diberikan. Menurutnya, kolaborasi yang baik ini harus terus dipertahankan. “Semua usulan yang diberikan terutama terkait BUMDes akan menjadi catatan dan segera ditindaklanjuti,” tutupnya.

Diketahui, dalam agenda rapat paripurna itu, DPRD Bolmong menerima hasil penyampaian KUA PPAS APBD Tahun 2022 untuk dibahas ke tahap selanjutnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.