Pemkab Bolmong Gelar FGD Pengembangan UMKM dan Home Industri

0
33

OhBOLMONG,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar Focus Grup Disccusion (FGD) terkait dengan laporan penyusunan kajian pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Home industri sektor perkebunan, Kamis, (09/09/2021).

Kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM didampingi oleh Kepala Bappeda Taufik Mokoginta di ruang rapat Kantor Bappeda.

Dalam pelaksanaan tersebut, Bappeda Bolmong menghadirkan tim ahli dari Universitas Samratulangi (Unsrat) diantaranya Prof. DR. Ir. Jeanne Paulus, M.Si DR. Ir. Theodora M. Katiandagho, M.Si, DR. Ir. Gene. H. M. Kapantow, M.Ikom, M.Sc, DR. Ir. Grace A.J. Rumagit, M.Si, selaku pemateri melalui via zoom meeting.

Turut hadir dalam FGD tersebut perwakilan SKPD terkait, pelaku UMKM dan Home Industri daerah. Sekretaris daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM menyampaikan, Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) dan home industri merupakan salah satu sektor unggulan yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan daerah pada khususnya.

Dijelaskannya, UMKM dan home industri sektor perkebunan mencakup berbagai macam bentuk usaha yang memanfaatkan sumber daya alam dan bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dan usaha lainnya.

Menurutnya, sektor perkebunan merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar di PDRB kabupaten bolaang mongondow, dan merupakan pengguna lahan terbesar serta mata pencaharian sebagian besar penduduk kabupaten bolaang mongondow.

“Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) ini adalah merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan dokumen kajian pengembangan UMKM dan home industri sektor perkebunan dan merupakan FGD yang ke tiga atau tahapan terakhir dalam peyusunan dokumen kajian ini,” kata Sekda Tahlis.

“Dokumen ini nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam mengembangkan UMKM dan Home Industri dimasa yang akan datang,” tambahnya.

Lanjut Sekda, pertemuan ini menjadi penting juga bagi kita dalam rangka membangun sinergitas dan kesamaan persepsi serta komitmen bersama, untuk membangun kinerja yang inovatif dan berdaya saing guna menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.