Tahlis Buka Bimtek SPIP Terintegrasi

0
19
Sekda Tahlis Gallang Saat Membuka Bimtek SPIP Terintegrasi di Kantor Bappeda Bolmong. (Foto: Indra S. S. Ketangrejo)

BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahlis Gallang membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Lingkup Pemkab Bolmong Tahun 2021, Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan Provinsi Sulut, Kamis (21/10/2021).

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber BPKP Sulut yakni Koordinator Pengawasan Bidang APD, Glen Davies Siwu, Auditor Madya Yohanes Tukijan, Auditor Muda Lusiana Kopong, Auditor Penyelia I Ketut Pawarta dan Tino Riyadi sebagai Auditor Pertama.

Sementara hadir sebagai peserta diantaranya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, Sekretaris OPD, serta Kasubag program, Pelaporan dan Keuangan OPD.

Dalam kesempatan itu, Sekda Tahlis mengatakan Bimtek yang digelar ini adalah metode Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang merupakan sistem penilaian yang baru.

“Ini SPIP dengan metode yang baru, kalau sebelumnya kita di SKPD tidak tahu bagaimana proses penilaianya SPIP sudah ada di level berapa tidak pernah bahas. Tapi mulai tahun ini penilaiannya mandiri, atau sudah diserahkan di SKPD masing masing,” kata Sekda.

Dia menjelaskan penilaian SPIP ini dilakukan oleh inspektorat dan penjamin mutunya dari BPKP. “SPIP sebelumnya dilaksanakan oleh Inspektorat, saat ini dilakukan oleh masing masing SKPD. Penilaiannya mandiri, dan penjamin mutu itu Inspektorat. Saat ini penilaian sedang jalan, penjamin mutu juga berproses, jadi seiring sejalan,” ungkap Sekda.

Dirinya berharap, peserta dapat mengikuti pelaksanaan Bimtek dengan baik, sebab narasumber yang dihadirkan sudah dikenal dan cukup berpengalaman. “Perhatikan dan simak baik – baik yang disampaikan oleh narasumber dari BPKP,” tegasnya. (Ind)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.