Diprediksi Sama Kuat, Ini Gambaran Peta Kekuatan Tiga Kandidat Bacalon Sangadi Poigar I

0
282

POIGAR,DETOTABUAN.COM – Tahapan pemilihan Sangadi (Kepala Desa.red) Poigar I telah dimulai, namun hingga masa pendaftaran berakhir, hanya ada tiga kandidat yang mendaftar sebagai Bakal Calon (Bacalon) Sangadi untuk periode 2022-2028.

Ketiga kandidat Bacalon tersebut adalah Sangadi petahana Rubianto Mokodongan, Linda Massie yang berlatar belakang pengusaha, serta Jihad Mamonto, seorang tokoh masyarakat yang sudah malang melintang di organisasi kepemudaan, keagamaan dan pemerintahan Desa.

Prediksi Kekuatan Tiga Kandidat

Sebagai Bacalon Petahana, tentu Rubianto Mokodongan memiliki beberapa keunggulan dibanding calon lain, selain sudah dikenal, Rubianto pastinya telah memiliki basis massa/simpatisan pada pemilihan sebelumnya.

Selain itu, Rubianto juga tak perlu terlalu banyak buang energi untuk meyakinkan masyarakat berkaitan dengan program dan Visi Misinya, sebab ia sudah membuktikan kinerjanya pada periode sebelumnya, sehingga bukan perkara mudah menghadapi Rubianto di Pilsang Poigar I.

Kandidat kedua adalah Linda Massie. Linda bukanlah orang baru dalam dunia perpolitikan, tahun 2019 lalu dirinya pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Bolmong, meski belum beruntung, namun hal itu tidak membuatnya patah semangat.

Tahun ini, dengan berbekal semangat untuk membangun desa kelahirannya, Linda pulang dan mencalonkan diri di Pilsang Poigar I.

Linda yang berlatar belakang sebagai seorang pengusaha itu, juga sedikit diuntungkan pada Pilsang kali ini, sebab dirinya merupakan satu – satunya Bacalon dari keterwakilan perempuan (Gender), sehingga kehadiran Linda dikontestasi Pilsang Poigar I kemungkinan akan sangat diperhitungkan.

Kandidat ketiga adalah sang ‘Kuda Hitam’ Jihad Mamonto, sebelum menyatakan sikap maju sebagai Calon Sangadi, Jihad memang sudah aktif dalam berbagai organisasi baik dibidang kepemudaan, keagamaan dan pemerintahan Desa sejak 15 tahun terakhir.

Konon, majunya ayahanda dari Briptu Syahdan Abdullah Mamonto itu, karena dorongan masyarakat yang menginginkan perubahan.

Bahkan informasi yang diterima media ini, sebelum dirinya mendaftar sebagai Bacalon Sangadi, Jihad telah melakukan Sowan ke beberapa tokoh kunci yang ada di Poigar I dan telah mendapat restu.

Saat ini, Jihad tercatat sebagai Wakil Ketua Cabang Muhamadiyah Kecamatan Poigar dan Bidang Kepemudaan Muhamadiyah, selain itu dirinya juga aktif sebagai pengurus Badan Ta’mir Masjid Desa Poigar I.

Terpisah, Ketua Panitia Pilsang Poigar I, Rahmat Paputungan mengatakan, setelah pendaftaran ditutup, pihaknya akan melakukan Verifikasi berkas Bacalon.

“Apabila dalam proses verifikasi ditemukan ada berkas Bacalon yang kurang, maka panitia akan memberikan waktu untuk perbaikan maupun pelengkapan berkas sebelum dilakukan penetapan,” ujarnya.

Ia berharap, Pilsang Poigar I bisa berjalan aman dan lancar, sehingga mencapai pilsang yang berintegritas, beradab dan bermartabat.

“Mari kita jadikan Pilsang sebagai wadah pemersatu, bukan untuk memecah belah, karena siapapun yang terpilih, maka dia adalah pemimpin kita semua,” pungkasnya.

(Tio)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.