Dorong Literasi Di Kotamobagu, Disdik Bentuk Tim untuk Tingkatkan Minat Baca

0
46

KOTAMOBAGU,DETOTABUAN.COM – Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menggelar rapat perdana tim terkait persiapan Monev pelaksanaan Literasi dan Numerasi Sekolah SD – SMP di wilayah Kotamobagu, Kamis (1/12/22) Kemarin

Sekretaris Disdik Kusnadi Pobela,SE,MPD mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya dari Disdik untuk mengumpulkan para penggiat literasi yakni dari Dinas pendidikan, Sastrawan, pengawas sekolah Disdik, dan penggiat Literasi.

“Tujuannya untuk menyatukan persepsi dalam rangka meningkatkan minat baca dalam hal Literasi dan Numerasi yang berada di kota Kotamobagu,” ucapnya.

Pobela mengatakan, tim akan mulai bekerja berdasarkan format yang akan disiapkan oleh Dinas Pendidikan, LPMP dan Balai Guru Penggerak Komisi Sulut, jadi ada instrumen yang akan diisi oleh tim dan akan di verifikasi pada saat di lapangan.

“Misalnya di SDN 1 Kotamobagu, nantinya tim akan melihat sejauh mana kesiapan SDN 1 Kotamobagu dalam menyiapkan sarana literasi, karena tentunya anak didik kita atau masyarakat akan mampu memberikan warna Literasi ini apabila tersedia sarananya antaralain, perpustakaan dan Buku baik atau tidak, pengelola perpustakaan ada atau tidak,” terangnya.

Menurutnya, hal ini yang akan dinilai oleh tim pada saat akan turun ke sekolah SD dan SMP, kemudian tim akan melakukan verifikasi di lapangan untuk 70 SD dan 15 SMP yang berada di wilayah Kotamobagu.

Pobela Berharap, dengan adanya tim ini, dapat membantu meningkatkan capaian asesmen nasional terutama di bidang literasi.

“Harapannya adanya tim ini menjadikan kolaborasi yang Representatif yang ada di Disdik, karena tim ini akan turut membantu dalam rangka meningkatkan capaian asesmen nasional terutama di bidang Literasi dan Numerasi serta kita ketahui bersama bahwa di tahun 2021 hasil asesmen masih jauh dari harapan dan semoga di tahun 2022 peningkatan lebih baik lagi,”pungkasnya

Turut hadir dalam rapat tersebut para kepala sekolah, Pustakawan, Budayawan Guru, Media, komite sekolah dan Pegiat Literasi.

(Ludin)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.