Ketua Dekranasda Boltim Hadiri Puncak HUT Dekranas di Medan

0
46

Detotabuan.com,BOLTIM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ny. Seska Ervina Budiman, S.Sos menghadiri puncak Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional ke-43 tahun 2023 di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (16/5/2023).

Puncak HUT Dekranas ini dihadiri lebih dari 1.500 undangan yang terdiri dari para Ketua Dekranasda serta para pelaku UMKM seluruh Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh ibu negara Iriana Joko Widodo yang didampingi Ketua Umum Dekranas ibu Wury Ma’ruf Amin, Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution serta sejumlah pengurus Dekranas.

Dalam sambutannya, ketua umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin berharap Dekranas agar semakin berperan besar untuk para pengrajin di Indonesia.

“Harapan kita semua, diusia yang semakin bertambah ini, Dekranas dapat semakin produktif dan semakin besar peran dan pengabdiannya untuk para pengrajin, masyarakat, bangsa dan negara tercinta Indonesia,” tutur Wury.

“Puncak HUT Dekranas kali ini mengusung tema “Wirausaha Baru Tercipta Pengrajin Berjaya” yang mengandung makna Dekranas dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan penumbuhan dan pembinaan terhadap pelaku UMKM atau IKM khususnya sektor kerajinan agar bisa mendorong terciptanya wirausaha baru yang semakin tumbuh dan maju berjaya terutama setelah melewati masa pandemi ini,” tuturnya.

Selesai pelaksanaan acara puncak, Ketua Dekranasda Boltim menyambangi stand pameran Sulut yang berlokasi di lapangan Benteng sembari melihat beragam kain dari daerah lain yang bisa go Nasional.

“Saat ini kami sedang melaksanakan sayembara desain batik khas Boltim yang nantinya dapat menjadi ikon atau local pride. Saya berharap industri batik bisa maju, tumbuh dan berkembang di Boltim seperti Jogyakarta, Solo dan daerah lain yang sudah terkenal dengan industri batik. Untuk mewujudkan semua itu tidak lepas dari peran serta Pemerintah Kabupaten Boltim agar dapat berkomitmen untuk mendorong industri batik bisa berkembang di Boltim,”paparnya.

Ia pun berharap Dekranasda Boltim bisa bekerjasama dengan seluruh elemen demi perkembangan industri batik Boltim.

“Semoga kedepannya kami bisa bekerjasama dengan seluruh elemen yang dapat menunjang berkembangnya industri batik di Boltim seperti Pemerintah Daerah dan pelaku industri. Kedepannya juga bisa bekerjasama dengan Balai Besar Kerajinan Batik (BBKB) sehingga batik khas Boltim bisa go Nasional,” imbuh ketua Dekranasda Boltim.

Reporter : Ida Serang

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.