Kemendikbudristek Jadikan Bolsel Pilot Project Nasional PPKSP

oleh -168 Dilihat
oleh

Detotabuan.com,BOLSEL – Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru SPt, M.Si, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani SPd, MSi bersama jajaran menerima kunjungan tim dari Kemendikbudristek-RI yang dipimpin Humas Pusat Penguatan Karakter Taufik Dahlan, bertempat di ruang kerja Bupati, Kawasan Perkantoran Panango Kecamatan Bolaang Uki, Kamis (18/7/2024) tadi.

Dalam kunjungan tersebut dibahas tentang pemilihan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sebagai pilot project Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan) tingkat Nasional.

Terkait hal ini, Kadis Rante dalam keterangannya mengatakan bahwa Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023 adalah langkah pasti untuk menerapkan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan.

Selanjutnya, Pemkab Bolsel sesuai kewenangannya melakukan penguatan tata kelola dengan cara menyusun dan menetapkan Peraturan Kepala Daerah No. 62 tahun 2023 untuk mendukung Permendikbud tersebut.

“Untuk mempermudah pelaporan maka telah dikembangkan sistem pelaporan kekerasan melalui aplikasi SILARAS. Aplikasi ini dapat mempermudah pelaporan dan menjamin kerahasiaan identitas pelapor,” ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Iskandar menyambut baik pemilihan Bolsel sebagai lokasi pilot project nasional Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP Kemendikbudristek-RI.
Dikatakannya, bahwa Pemda Bolsel melalui Dinas Dikbud dan Dinas PPPAKB secara terus-menerus telah melakukan sosialisasi Permendikbud No. 46 ini kepada seluruh satuan pendidikan yang ada di Bolsel.

Dirinya juga menambahkan beberapa hal terkait Bullying dan tindak lanjut mengenai hal tersebut.

“Alhamdulilah Pemda juga selalu mendapat dukungan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Utara yang terus bersinergi dan memberikan pendampingan yang intens,” ujar Bupati.

(Tio)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.