Hari Anak Nasional ke-40, Pemkot Kotamobagu Tekankan Perlindungan dan Hak Anak

oleh -1780 Dilihat
oleh

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Dengan mengusung tema “Suara Anak Membangun Bangsa,” Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar peringatan Hari Anak Nasional ke – 40, bertempat di Aula rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu, Kamis 1 Agustus 2024 tadi.

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) ini dibuka Sekda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta

Sekda mengatakan bahwa anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus memperoleh dan menikmati hak-hak mereka tanpa terkecuali. Hak-hak tersebut penting untuk mendukung tumbuh kembang mereka agar kelak menjadi manusia yang berguna sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

“Peringatan HAN tahun 2024 tingkat Kota Kotamobagu adalah momentum untuk meningkatkan keramahan serta kepedulian terhadap tumbuh kembang anak. Selain itu, momentum ini juga harus dijadikan sebagai pemicu semangat dalam memberikan perhatian kepada anak-anak serta menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya upaya membangun karakter anak melalui peningkatan kualitas pengasuhan,” ucap Sofyan dalam sambutannya.

Sekda juga mengajak para orang tua, keluarga, seluruh elemen masyarakat, dan dunia usaha di Kotamobagu untuk turut serta meningkatkan kualitas anak melalui pengasuhan yang berkualitas.

Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya dukungan terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sesuai dengan amanat UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Anak-anak merupakan aset berharga bangsa dan pilar utama dalam pembangunan masa depan. Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi, mendidik, serta memberdayakan mereka. Melalui peringatan ini, saya juga mengajak semua pihak untuk mengevaluasi sejauh mana upaya yang telah kita lakukan bersama dalam memberikan komitmen terhadap kesejahteraan anak-anak di Kotamobagu, termasuk dalam menghadapi tantangan seperti kekerasan, eksploitasi, serta akses terhadap pendidikan dan kesehatan yang layak,” sambungnya.

Sofyan juga menekankan tanggung jawab dan komitmen dari perangkat daerah dan elemen masyarakat dalam menjadikan anak-anak di Kota Kotamobagu sebagai generasi emas, sehingga Indonesia Emas dapat terwujud pada tahun 2045.

“Anak-anak harus diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah ini. Atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu, saya menyampaikan terima kasih serta penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD, Forkopimda, organisasi perempuan, TP PKK, DWP, UPTD P3A, Satgas TPPO, Puspaga, Pusat Informasi Sahabat Anak, Pengurus Forum Anak Daerah, dunia usaha, serta seluruh masyarakat yang telah memberikan dedikasi dan pengabdiannya dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak agar dapat menjadi anak yang cerdas, berakhlak mulia, serta cinta tanah air,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua TP PKK Kota Kotamobagu, Sitti Fatmah Fitriana Nani Buhang, para asisten pimpinan OPD, serta anak-anak dari berbagai sekolah di Kota Kotamobagu.

(Alfrieda Serang)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.