Bawaslu Bolmut Rakernis Pengawasan Pendaftaran dan Penetapan Paslon Bupati dan Wabup di Pilkada 2024

oleh -1641 Dilihat
oleh

Bolmut,Detotabuan.com– Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut )menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawasan Pendaftaran dan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Serentak tahun 2024.

Rakernis ini dibuka secara langsung oleh Plt Ketua Bawaslu Bolmut, Bapak Rizki Posangi,SH.Yang bertempat di Coconut Cafe, Desa Boroko Timur.Jumat 9 Agustus 2024

Dalam sambutannya, Rizki Posangi menyampaikan pentingnya persiapan dalam menghadapi tahapan pendaftaran pasangan calon yang telah ditetapkan dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2024. Tahapan ini dijadwalkan berlangsung dari 27 hingga 29 Agustus 2024.

Dalam persiapan pencalonan bupati dan wakil bupati, Rizki mengingatkan jajarannya untuk mengawasi seluruh proses dengan baik. Selain itu, ia juga meminta kepada partai politik agar senantiasa memedomani Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Tahapan pencalonan sudah diatur dalam PKPU 8 Tahun 2024, dan ada tiga hal krusial dalam tahapan ini. Yang pertama adalah pendaftaran pasangan calon, kedua penelitian persyaratan administrasi calon, dan ketiga penetapan pasangan calon,” ujar Rizki.

Koordinator Divisi Hukum, Parmas, dan Humas Bawaslu Bolmut juga menekankan pentingnya KPT yang menjadi pedoman bagi penyelenggara teknis. Ia menjelaskan bahwa KPU RI telah mengeluarkan KPT 1090 tentang pedoman teknis pemeriksaan kesehatan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2024.

“Pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan kelayakan pasangan calon untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam proses pemilihan,” jelasnya.

Rizki Posangi juga mengajak seluruh peserta dari partai politik untuk menciptakan suasana pemilihan yang kondusif, aman, dan berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua bersama anggota Panwaslu Kecamatan, perwakilan partai politik, serta instansi terkait seperti Kejaksaan, Kepolisian, Dinas Pendidikan, dan Kesbangpol Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.