Pemkot Kotamobagu Gelar Pisah Sambut Penjabat Walikota

oleh -1687 Dilihat
oleh

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu, menggelar acara pisah sambut dari Penjabat (Pj) Wali Kota yang lama, Dr. Drs Asripan Nani MSi, kepada Pj yang baru Abdullah Mokoginta SH MSi.

Kegiatan yang berlangsung di Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota Kotamobagu, Rabu 14 Agustus 2024 digelar secara adat budaya Mongondow.

Prosesi adat ‘Poponagan Kon Komalig Bo Poponikan Kon Komalig’ menyambut Pj. Wali Kota Abdullah Mokoginta sewaktu tiba di Rumah Dinas Walikota.

Dalam sambutannya, Abdullah Mokoginta menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Asripan Nani. “Awalnya saya tidak pernah terpikirkan untuk bekerja di provinsi Sulawesi Utara. Saya hanya berfikir, berkarir, bekerja di Kotamobagu, namun atas ijin Allah SWT, saya di tarik ke provinsi selanjutnya di tunjuk Pj Sekda dan Definitif di Bolmong, dan sekarang saya ditunjuk lagi oleh bapak Gubernur Sulawesi Utara sebagai Pj Walikota Kotamobagu, mengantikan Pj Wali Kota ‘guhanga’. Pergantian karena bapak Asripan mengundurkan diri dari jabatan Penjabat Walikota dan pensiun dari ASN. Makanya saya di tunjuk untuk melanjutkan kinerja juga program pemerintah membangun Kotamobagu. Itulah proses ikhtiar manusia, dan ketetapan oleh Maha kuasa,” ungkap Abdullah Mokoginta.

Dirinya diberikan amanah oleh Gubernur Sulut, untuk mengisi kekosongan dan tugas pemerintahan. “Pesan pak Gubernur Sulut jaga stabilitas keamanan, berikan pemahaman pendidikan pemilih cerdas kepada masyarakat, perkuat koordinasi degan Forkompinda di masa hajatan pesta demokrasi pilkada serentak, tingkatkan pelayanan publik, menarik investor, pengendalian inflasi atau tekan angka kemiskinan ektrim, dan melayani masyarakat dengan baik. Itu pesan bapak Gubernur Sulut,” lanjut Abdullah Mokoginta.

Pada kesempatan yang sama, Asripan Nani pun sedikit menceritakan histori selama Ia menjabat Pj Wali Kota. “Kita manusia tidak pernah membayangkan ada Sertijab itu, atau sejarah itu. Semua atas ijin maha kuasa. Saya dan Pj Walikota pak Abdullah Mokoginta, adalah sabahat, bahkan keluarga yang sama-sama tinggal di kelurahan Kotobangon, juga sampai bekerja di provinsi kita sama-sama. Ini proses kami selama bekerja melayani masyarakat sampai di titik ini,” tuturnya.

Menariknya, ia juga mengungkapkan alasan Asripan Nani menarik diri dari posisinya, sekitar tanggal 15 Juli, ia telah memberikan surat pengunduran diri di Kemendagri.

“Saya memberikan pengunduran diri saya di Kemendagri sebagai penjabat Wali Kota Kotamobagu, juga permintaan pensiun sebagai aparatur negara (ASN). Itulah proses pilihan dan ikhtiar saya. Karena ada pepatah juga lirik lagu ‘ada pertemuan pasti ada perpisahan,” ungkap Asripan Nani.

Sejak Asripan Nani sebagai PJ, pria yang berasal dari Bolaang Mongondow Utara ini, banyak menyerap pengalaman baik di Kotamobagu. “Kesan saya sesuai moto Bolaang Mongondow, Mototompiaan Mototabian bo Mototanoban’, baku bae’ baku sayang, baku Inga’. Warga Kotamobagu tidak membedakan suku ras dan lainya, hidup rukun damai, harmonis dan bersahaja. Sampai Forkompinda itu akur dan saling membantu, dan seluruh pegawai semua disiplin sopan santun dan melayani masyarakat, Kotamobagu yang di usianya sekarang maju pesat dan luar biasa,” tutur Asripan Nani.

Dari 11 bulan di Kotamobagu, tentunya kualitas dan pengalaman yang ia miliki, semua ia persembahkan untuk Daerah tersebut. “Semampu dan sesuai tanggung jawab amanah yang diberikan, saya selalu terbuka menerima saran pendapat dari siapapun dan kita diskusikan. Maka dari itu permohonan maaf saya dan keluarga, jika ada salah kata dan perilaku saya kepada semua ASN juga masyarakat. Saya mohon doa dan pamit kepada seluruh masyarakat Kotamobagu. Saya tidak akan melupakan Kotamobagu, karena di sini juga kampung saya, di kelurahan Kotobangon. Terimakasih masyarakat Kotamobagu,” pungkas Asripan Nani.

Acara pisah sambut tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Kota Kotamobagu, Adrianus Mokoginta SE. Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol Inf Fahmil Harris SIP. Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar SH MH. Ketua Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu, Jifly Z Adam SH MH. Wakapolres Kotamobagu, Kompol. Arie Prakoso SIK MH. Hj Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang SE. para pimpinan Instansi Vertikal, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, SH ME. Para Asisten dan para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, para pejabat Staf khusus Wali Kota, para pimpinan Perguruan Tinggi, para Camat, Lurah dan Sangadi, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan, ormas dan keluarga tamu undangan.

(Alfrieda Serang)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.