Gelar Rakor, KPU Bolmong Bahas Teknis Pendaftaran dan Pemeriksaan Kesehatan Bakal Paslon

oleh -323 Dilihat
oleh

Detotabuan.com,BOLMONG – KPU Kabupaten Bolmong menggelar Rapat Koordinasi terkait Tekhnis pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, bersama unsur Parpol, penggiat Pemilu dan Media Massa, bertempat di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Sabtu 24 Agustus 2024

Rakornis yang dibuka oleh Ketua KPU Bolmong Afif Zuhri menghadirkan sejumlah Narasumber diantaranya  dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong yang diwakili Sekertaris Dinas Yusuf Detu, BNN Bolmong yang diwakili Kasubag Umum Faradilla Schoe, SS, Kapolres Bolmong AKBP. Muhammad Chaidir, SIK dan Kapolres Kotamobagu yang diwakili Kabag Ops Kompol Luther Ta’dung.

Afif mengatakan,  berdasarkan PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tahapannya pendaftaran Paslon Bupati dan Wabup Bolmong itu akan dilaksanakan mulai tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024.

“Pada tanggal 27 dan 28 Agustus nanti pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WITA. Sedangkan, pada hari terkahir pendaftaran 29 Agustus mulai pukul 08.00 hingga pukul 23.59 WITA,” terangnya.

Afif menuturkan, sampai hari ini KPU Bolmong baru menerima informasi pendaftaran dari PKB dan Nasdem, PKB akan mendaftarkan bakal calon pada hari kedua yakni tanggal 28 Agustus sementara NasDem berdasarkan surat pemberitahuan pendaftaran dilakukan hari terakhir pukul 14.00 WITA.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Bolmong Yusuf Detu mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi paslon dilakukan di RSUP Prof RD Kandou Malalayang Manado, sebagai rujukan di Sulut.

“Untuk materi pemeriksaannya dengan bahan materi pemeriksaan yang sudah diatur dengan jelas dan tegas dalam PKPU nomor 1090 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024,” terangnya.

Menurutnya, ada dua jenis pemeriksaan yang akan dilakukan, yakni pemeriksaan kesehatan yang juga terdiri atas rohani dan fisik, serta penyalahgunaan narkotika.

Ditempat yang sama, BNN Bolmong yang diwakili Kasubag Umum Faradilla Schoe, SS menjelaskan tentang pemeriksaan penyalahgunaan narkotika, dan pengaruhnya pada para calon. Dia juga menyebutkan semua jenis narkotika dan obat-obat terlarang.

“Jadi sebelum melakukan pemeriksaan kami mengingatkan semua tim agar menyampaikan kepada calonnya untuk menghentikan sementara konsumsi obat-obatan yang rutin terutama obat batuk, Paling lambat tujuh hari sebelum pemeriksaan agar tidak mempengaruhi hasil pemeriksaan nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Bolmong AKBP. Muhammad Chaidir, SIK menegaskan pentingnya sinergi antar instansi untuk memastikan seluruh tahapan pemilihan berlangsung tertib, aman, dan transparan.

“Pemilihan serentak ini merupakan momen penting dalam menentukan arah kepemimpinan di Bolaang Mongondow. Oleh karena itu, kami dari Polres Bolmong siap mendukung sepenuhnya proses pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan bakal paslon dengan menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan ini berlangsung,” ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menyoroti aspek kesehatan bakal paslon sebagai perhatian utama, mengingat kesehatan adalah syarat mutlak bagi calon pemimpin daerah.

“Kesehatan jasmani dan rohani calon pemimpin sangat penting untuk memastikan mereka mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” tambahnya.

Senada disampaikan Kabag Ops Kompol Luther Ta’dung mewakili Kapolres Kotamobagu, sebagai langkah persiapan, Polres kata dia, telah mengutus 30 personil terbaik untuk mengikuti Pelatihan Pengamanan Pengawalan Pribadi (Walpri).

Nantinya mereka akan melakukan pengamanan terhadap kandidat, dimana nantinya setiap kandidat baik Calon Bupati maupun calon Wakil Bupati akan mendapatkan 2 personil pengamanan.

Sementara untuk persiapan pengamanan pada tahap pendaftaran, pihaknya telah melakukan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan saat tahapan pendaftaran sampai dengan penetapan calon terpilih.

Diakhir acara, dibuka sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif antara Narasumber dan peserta. Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh KPU kepada narasumber sekaligus dilakukan foto bersama dengan peserta kegiatan.

(Tio)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.