Poyowa Kecil Desa Pertama di Sulut yang Resmi Dinobatkan Jadi Desa Cinta Statistik di Kotamobagu

oleh -3715 Dilihat
oleh

Detotabuan.com, KOTAMOBAGU – Poyowa Kecil menjadi desa pertama dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara yang dicanangkan sebagai desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Kota Kotamobagu.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kotamobagu, Syamsuddin S.P., M.Si saat ditemui awak media detotabuan.com, usai pelaksanaan Pencanangan oleh Pj. Wali Kota Kotamobagu Abdullah Mokoginta, Selasa 27 Agustus 2024, bertempat di Balai Desa Poyowa Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Syamsuddin menjelaskan bahwa salah satu tugas fungsi pembina data di BPS yaitu data sektoral yang salah satunya Desa Cinta Statistik.
Pihaknya berharap dalam pembinaan data sektoral salah satu indikator nilai keberhasilan data di desa dan kelurahan adalah pembinaan Desa Cinta Statistik.

Menurutnya, BPS mempunyai tugas sebagai pembina data statistik sektoral di desa dan Kelurahan. “Terpilihnya Desa Poyowa Kecil karena indikator sudah terpenuhinya unsur – unsur yang memang indikatornya mencukupi untuk mewakili Kota Kotamobagu dalam hal Desa Cantik, Desa Cinta Statistik,” terangnya.

Syamsuddin berharap, dengan dilaksanakannya Pencanangan Desa Cantik, dapat menjembatani sekaligus percontohan untuk semua Desa dan Kelurahan yang ada di Kotamobagu agar bisa membenahi dalam hal data – data potensi desa, fasilitas desa, penguasaan teknologi, terutama sumber daya manusia dari aparat desa yang ada.

Senada, Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, menyampaikan, Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik merupakan program BPS untuk membina, membangun dan meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data statistik.

Lebih lanjut, Abdullah menekankan pentingnya kemampuan dari aparatur pemerintah desa dalam memahami, mengelola dan memanfaatkan data statistik, sehingga diharapkan pelaksanaan berbagai program pembangunan di tingkat desa lebih tepat sasaran.

“Hal ini menjadi sangat penting mengingat desa merupakan ujung tombak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, melalui program Desa Cantik, ke depannya pemerintah dan masyarakat desa dapat semakin mengembangkan desa melalui pemanfaatan data yang lengkap dan akurat sehingga nantinya akan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Sementara itu, Kepala desa Poyowa Kecil, Habel Lokiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kotamobagu dan jajaran yang sudah memilih dan menobatkan Desa yang dipimpinnya sebagai Desa Cinta Statistik.

“Saya berharap, dengan dicanangkannya Poyowa Kecil sebagai Desa Cantik, Desa Cinta Statistik, kedepan untuk pendataan akan lebih siap lagi,” ucapnya.

Kegiatan turut dihadiri  Kepala BPS Kotamobagu, Syamsuddin beserta jajaran, sejumlah pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu, para camat serta kepala desa se Kotamobagu Selatan, Ketua dan anggota BPD, tokoh agama, tokoh adat, dan para tokoh masyarakat di Desa Poyowa Kecil.

(Alfrieda Serang)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.