Resmi Dilantik, 20 Anggota DPRD Bolsel Periode 2024 – 2029 Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

oleh -2292 Dilihat
oleh

Detotabuan.com,BOLSEL – Sebanyak 20 anggota DPRD Kabupaten Bolsel hasil pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 resmi dilantik. Acara yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD itu, menjadi penanda dimulainya masa bakti para wakil rakyat periode 2024-2029. Rabu (11/9/2024).

Paripurna pelantikan 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolsel itu turut dihadiri sejumlah pejabat daerah, diantaranya Bupati Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy, Danpos TNI- AL serta para pejabat tinggi lainnya.

Sebelum diambil sumpah janji jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, ke 20 anggota DPRD terpilih mendengarkan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dibacakan Sekretaris Dewan Bolsel, La Ode Sahyuddin.

Usai dibacakan SK Gubernur dan pengambilan sumpah jabatan, rapat pelantikan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Titto Karnavian yang di wakili Bupati Iskandar Kamaru.

Dalam sambutannya, Iskandar Kamaru memberikan ucapan selamat kepada 20 anggota DPRD periode 2024-2029. Tak lupa, Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak terkait yang telah mensukseskan Pemilu 2024.

Masih dalam momentum penuh khidmat itu, Bupati Iskandar kembali mengingatkan tentang tugas pokok anggota DPRD sebagaimana amanat UU Nomor 23 tahun 2024 tentang Pemerintahan Daerah, khusunya yang termaktub dalam pasal 96.

“Sebagaimana bunyi pasal Undang-undang, pada pasal 96 telah menegaskan bahwa Tupoksi DPRD sebagai pembentuk peraturan daerah, penyusun anggaran dan fungsi pengawasan. Kemudian, dalam kedudukannya, DPRD sebagai mitra kepala daerah yaitu untuk menjalin kemitraan yang bersifat checks and balance,” papar Bupati Iskandar

Untuk itu, Bupati berharap ada kolaborasi konstruktif antara lembaga Legislatif dan Eksekutif untuk menuntaskan masalah-masalah ditingkatan lokal serta mendorong percepatan agenda prioritas nasional yang sedang berjalan.

“Saya berharap DPRD dan pemerintah daerah dapat membangun sinergitas yang kuat secara kelembagaan, agar semua program prioritas baik ditingkat lokal ataupun nasional dapat segera dituntaskan,” cetusnya.

Disisi lain, Bupati Iskandar Kamaru menyampaikan penghargaan tingginya atas dedikasi dan pengabdian para anggota DPRD periode 2019-2024.

“Pengabdian belum berakhir teman-teman. Mari kita bergandengan tangan untuk memberikan ide dan gagasan untuk kemajuan Bolsel ke depan,” tutup Iskandar. (Adve/Tio)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.