Nazar Yanny Tuuk Bangun GMIBM Totabi Kolingangaan Terwujud

0
523
Nazar Yanny Tuuk Bangun GMIBM Totabi Kolingangaan Terwujud
Yanny R Tuuk saat meresmikan Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow jemaat Motabi Kolingangaan.
BOLMONG,DETOTABUAN.COM – Jiwa sosial dan semangat pelayanan dari Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM, patut diapresiasi. Buktinya, berawal dari nazar keluarga, suami tercinta dari Ketua Komisi II Dekab Bolmong Lanny Lesly Kaligis, berhasil mewujudkan semangat pelayanan dan cita-cita jemaat Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) Totabi Kolingangaan, Kecamatan Bilalang.

Berawal dari kunjungan kerja Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM ke daerah terpencil, pada 2013 lalu. Sosok yang dikenal suka membantu itu, tergugah melihat semangat Jemaat Totabi Kolingangaan, yang walaupun tinggal di daerah terpencil, namun tekun melakukakan ibadah.

Walaupun jumlah jemaat tidak seberapa, yakni sekira hanya 40 kepala keluarga, namun semangat pelayanan dibawa atap gedung gereja yang hampir roboh. Tak disangka, rencana Tuhan, tampaknya berlainan dengan keinginan jemaat. Selang beberapa lama, bangunan tua tersebut roboh, jemaat pun akhirnya beribadah hanya beratapkan terpal.

“Dahulu jemaat melaksanakan ibadah dengan beratap terpal karena gedung gereja roboh karena bangunan kayu sudah termakan usia,” ungkap Sangadi Kolingagaan Youke Elvis Goni.

Awalnya, pada 2014 lalu, Yanny Tuuk tergugah dan bernazar untuk membangun jemaat tersebut, gedung gereja mulai dibangun. Dengan tekad pelayanan, Yanny Tuuk bersama istri menyisikan berkat Tuhan untuk membangun gedung gereja tersebut. Alhasil, awal 2016 ini, gedung gereja yang diperkirakan menelan biaya senilai Rp 500 juta berdiri megah.

greja2“Memang Tuhan mempunyai rencana lain. Tampa disangka Wakil Bupati yang kala itu mengunjungi jemaat dipakai Tuhan untuk membangun gedung gereja tersebut,” kata Goni yang kala itu sebagai Ketua Jemaat GMIBM Totabi.

Alhasil, Rabu (13/7) lalu, sukacita jemaat GMIBM Totabi akhirnya tak dapat dibendung lagi, karena pergumulan mereka sudah terjawab. Cita-cita jemaat akhirnya terjawab dengan peresmian gedung gereja melalui ibadah yang dipimpin Sekretaris Umum GMIBM Pdt Vecky Kamasaan STh MTh.

“Kami sangat bersyukur karena ada sosok yang dihadirkan Tuhan untuk membangun gereja Allah. Saya mewakili Jemaat bahkan Sinode GMIBM mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Yanny Tuuk karena telah membiayai hampir 100 persen pembangunan gereja,” tutur Kamasaan.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati didaulat jemaat untuk meresmikan langsung gedung gereja. Tuuk berpesan kepada jemaat untuk tekun beribadah dan semangat dalam pelayanan dengan adanya gedung gereja baru.

“Jemaat harus yakin rencana Tuhan. Pastinya, Tuhan tidak akan meninggalkan umatnya jika bersungguh-sungguh dalam pelayanan,” pesan Tuuk. (*)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.