Aparat Desa Bolsel Ikuti Pelatihan Penginputan Profil Desa

0
113

BOLSEL – Ratusan aparat yang ada di 81 desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) diberikan pelatihan tentang penginputan profil desa. Kegiatan tersebut dilaksakan di Hotel Lion Manado itu, diikuti Kepala Desa, Sekretaris Desa, kepala seksi pemerintahan dan operator di 81 desa yang ada di Bolsel.

Dalam pelatihan itu turut dihadirkan Direktur evaluasi perkembangan desa dan kekurahan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Eko Prasetyanto, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Provinsi Sulut Feri Singal dan praktisi tenaga ahli profil desa Kementrian Dalam Negeri Gabriel Bambang Sasongko.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru yang diwakili Asisten I Alsyafri Kaduulah berpesan bahwa perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah disetiap level pemerintahan sangatlah tergantung pada data profil desa yang akurat dan valid.

“Profil desa sendiri haruslah dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi nyata dan menyeluruh tentang kependudukan, kelembagaan, potensi serta tingkat perkembangan desa. Karenanya kepada para peserta  diminta untuk memanfaatkan momen pelatihan ini untuk menyerap ilmu yang diberikan para Narasumber dan pelatih secara maksimal,” kata Alsyafri saat membacakan sambutan Bupati.

Sementara itu, Direktur evaluasi perkembangan desa dan kekurahan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Eko Prasetyanto selaku nara sumber mengatakan, berdasarkan hasil jelajah desa yang telah ia lakoni banyak sekali potensi-potensi yang belum terdata dan dikekola dengan baik. Padahal potensi tersebut semestinya dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Pemerintah desa harus banyak menggali potensi yang ada serta merencanakan pengembangan potensi tersebut untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri,” tuturnya.

(Utha)

 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.